by

NTB Ekspor Kopi dan Rumput Laut

MATARAM – Sebanyak delapan kontainer atau 20 feet kopi Robusta Lombok diekspor ke Korea Selatan senilai USD 508.000,00 oleh UD. Berkah Alam dan ekspor rumput laut kering (Sargassum sp) oleh PT. Panorama Laut Indah sebanyak dua belas kontainer atau 20 feet dengan nilai US.$ 77.840,00 ke negara tujuan Republik Rakyat Cina. Seluruhnya adalah eksportir berskala Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu, tercatat  dua komoditi lain yakni mutiara bulat untuk ekspor ke Australia oleh PT. Autore Pearl Culture sebanyak 57,54 kilogram (kg) dengan nilai US.$  556.093,33 serta vanili kering ke USA oleh UD. Rempah Organic Lombok  sebanyak 605 kg senilai US.$  86.210.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah yang melepas ekspor tersebut mengatakan, pelepasan ekspor non migas dari produk UKM lokal menunjukkan semangat untuk tetap berikhtiar memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid 19.”Namun masih banyak tantangan untuk bangkit dari dampak pandemi global, khususnya ekonomi” kata Sitti Rohmi Djalilah di halaman Setda Provinsi NTB, Jumat 4 desember 2020..

Pelepasan Ekspor ini merupakan langkah konkrit Kementerian Perdagangan RI dan Pemprov NTB dalam upaya peningkatan ekspor non tambang dan untuk memotivasi pelaku usaha di daerah untuk tetap meningkatkan ekspor di masa sulit sekaligus meningkatkan peran UKM ekspor, menjaga loyal buyers serta mendorong peningkatan investasi dan menumbuhkan ekonomi nasional di tahun 2021 mendatang.

Diharapkan kegiatan ini akan meningkatkan aktivitas ekspor NTB dengan peningkatan nilai ekspor yang signifikan dan penambahan variasi jenis komoditas yang di ekspor langsung dari NTB. Sebelumnya, NTB juga telah mengirim sebanyak 1,5 ton vanili kering ke pasar Amerika Serikat.

Nilai ekspor NTB sendiri periode Januari September tercatat sebesar USD 284,248 atau meningkat 85,93 persen dari tahun lalu di periode yang sama ditambah hasil tambang.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed