by

NTB dan Bali Kerja Sama Percepat Kemajuan Daerah

DENPASAR –  Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali sepakat bekerja sama untuk memajukan daerahnya. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Gubernur Bali I Wayan Koster rumah jabatan Gubernur Bali di Denpaarf, Rabu 31 Maret 2021.

Perjanjian kerja sama tersebut meliputi bidang pariwisata, perhubungan, perindustrian, perikanan dan kelautan serta perdagangan dan koperasi/UMKM.

Menurut Zulkieflimansyah yang bersama Wayan Koster selama tiga periode di DPR RI, masing-masing daerah tidak boleh lagi berfikir win-lose. Melainkan harus win-win. Artinya, jangan sampai NTB, Bali dan Nusa Tenggara Timur ada persaingan, mendapatkan bagian sendikit dan ada yang menang dan kalah. ”Tapi harus berfikir saling  membantu, tidak boleh ada yang tersenyum dan ada yang menangis,” katanya.

Kedua daerah harus saling mengisi dan bekerja sama saling menguntungkan, bukan saling menjatuhkan. Dikatakannya, bahwa pihaknya tidak ingin mendengar misal speedboat yang membawa wisatawan tidak boleh ada larangan masuk, baik ke NTB maupun Bali. Akan tetapi atas rekomendasi Bali nanti akhirnya bisa ke NTB.

Dikatakannya bahwa bidang pariwisata, kita ingin saling membantu. Pada saat yang sama juga, bantulah NTB dan NTT. ”Jangan sampai ada lagi  tidak boleh masuk Bali, NTB maupun NTT,” ujarnya.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengaku, secara alamiah, sebenarnya kerja sama sudah berlangsung lama, baik secara historis maupun geografis serta tuntutan perkembangan zaman tidak mungkin berjalan sendiri, sehingga harus berkolaborasi.

Wayan Koster menyebutkan bahwa inisiatif di awal ini sesuatu yang sangat baik dalam rangka percepatan pembangunan di masing-masing daerah dan mendapatkan manfaat bagi masyarakat. Pada akhirnya, tujuan pemimpin dan pembangunan daerah merupakan kepentingan masyarakat.

Menyinggung event MotoGP di Mandalika Lombok, dalam waktu dekat akan menjadi pembicaraan khusus, bahwa Pemprov Bali akan mendukung bidang transportasi dan akomodasi. Begitu halnya dengan pariwisata, diambil tema khusus, saat bertemu Presiden, bahwa Bali, NTB dan NTT akan berkolaborasi saling mendukung.

Supaya pengembangan pariwisata bisa berjalan secara tematik, yang menjadi kekhasan dan potensi masing-masing daerah, jelas butuh kolaborasi. Terlebih NTB sangat banyak spot daerah yang perlu dikembangkan dan didukung.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed