by

Nonton WSBK Ganjar Pranowo Temui Bupati Fauzan Bahas Bumbu Sasak dan Kopi

GERUNG – Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, Sabtu, 20 November 2021, didatangi oleh Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada Indonesia) Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo disambut hangat oleh Fauzan Khalid. Kunjungan ini dirangkai talkshow yang bertajuk Ganjar jadi Penyiar, Sukses Muda, Jangan Tunggu Tua.

Ganjar Pranowo sebagai penyiar tamu bersama sejumlah narasumber diantaranya Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dan dua Pemuda Inspiratif dari Lombok Barat antara lain Dodi Ari Wibowo sebagai Perancang Roasting Coffe Berbasis android dan Munajab sebagai Inisiator Wisata Kuliner Tanjung Bias.

Ganjar Pranowo berbincang santai dan akrab dengan Fauzan Khalid Pada kesempatan itu Ganjar menanyakan langsung tentang Bumbu Sasak dan Kopi Lombok kepada Fauzan.

Ganjar Pranowo sangat penasaran dengan racikan bumbu Sasak yang memanjakan lidah. “Bumbu Sasak menjadi khas dan daya tarik kuliner Lombok Barat, tadi saya sudah makan pelecing dan ayam taliwang rasanya luar biasa apalagi bumbunya” katanya.

Menurut Ganjar rasa bumbu Sasak tentu sangat khas dan berbeda dengan daerah daerah lain. Hal ini menurutnya sebagai daya tarik bagi Lombok Barat untuk memasarkan produknya dan sebagai salah satu daya tarik pariwisata melalui kuliner. Bumbu Sasak memiliki cita rasa tersendiri dan rasanya sangat khas sehingga sangat tepat dijadikan kuliner unggulan Lombok Barat.

Selain itu Ganjar juga mengupas lebih dalam tentang Kopi Lombok Barat. Ia mengatakan antara kuliner dan kopi tentu tidak bisa terpisahkan karena saling melengkapi. Karenanya kopi ini menjadi bagian penting dalam wisata kuliner. Ia menanyakan tentang jenis kopi yang ditanam di Lombok Barat apalah robusta atau arabika.

Selain itu ia juga memperdalam tentang cita rasa kopi Lombok Barat. “Kopi menjadi bagian penting dalam wisata kuliner karena penyajian dan pengolahan kopi juga sebenarnya bisa menjadi atraksi pariwisata” ujarnya.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, mengatakan bahwa bumbu Sasak menjadi salah satu daya tarik wisata karena rasanya yang khas dan tidak ditemukan di tempat lain. Hal ini menjadi wisata kuliner andalan di Lombok Barat dengan sejumlah menu favorit seperti seafood bumbu sasak, ayam bumbu sasak dan menu lainnya yang dipadu dengan bumbu khas Sasak.

Fauzan Khalid mengatakan bumbu Sasak diracik dengan cita rasa khas Sasak yang identik dengan rasa pedas. Fauzan Khalid juga mengatakan bahwa kopi Lombok Barat memiliki potensi yang sangat baik dengan rasa khas yang dimiliki.

Kopi Lombok Barat ditanam di wilayah Lombok Barat bagian utara tepatnya di dataran tinggi.

Ia juga beberapa kali melakukan touring sepeda motor untuk meninjau dan berkomunikasi dengan para petani kopi secara langsung. “Kopi Lombok Barat ini memiliki cita rasa khas yang sangat diminati oleh penikmat kopi. Kalau ingin kopi istimewa silahkan nikmati di Lombok Barat” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Fauzan bersama Dodi Ari Wibowo dan Munajab mengajak Ganjar Pranowo dan rombongan berwisata ke Tanjung Bias untuk menikmati bumbu Sasak Lombok Barat dan Kopi Khas Lombok Barat.

Dodi Ari Wibowo dari ETNIC Lombok Coffe mengatakan kopi Lombok Barat memiliki rasa yang istimewa dan memanjakan para penikmat kopi dunia. “Kalau mau kopi dengan cita rasa terbaik silahkan datang ke Lombok Barat” ujarnya.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed