by

MGPA Libatkan 338 Marshal

MANDALIKA – Sebanyak 338 marshal lokal akan bertugas pada event  Mandalika MotoGP Official Test di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok Nusa Tenggara Barat ( NTB), 11-13 Februari 2022 mendatang.

Saat ini, marshal untuk official test tengah mengikuti pelatihan intensif yang disiapkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku bagian dari ITDC Group, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat maupun NTB.

Dalam kegiatan ini, IMI bertugas sebagai instruktur pelatihan.338 marshal ini terdiri dari 198 orang marshal WSBK 2021 yang telah melakukan pendaftaran ulang pada 28-30 Januari 2022 lalu, 69 orang merupakan rekrutan marshal baru, 51 orang anggota Brimob, dan 20 orang dari Badan SAR Nasional (Basarnas).

Marshal yang direkrut berasal dari masyarakat Lombok khususnya warga sekitar sirkuit. Proses perekrutan warga lokal ini melibatkan komunitas otomotif NTB dan karang taruna Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Sedangkan anggota Brimob dan  Basarnas direkrut untuk bertugas sebagai radioman.

Terkait pelatihan untuk marshal, pada 5 Februari 2022 telah dilakukan pelatihan dalam kelas, lalu dilanjutkan praktik di lapangan dan pembagian pos pada 6 Pebruari 2022. Kemudian pada 10 Februari 2022, akan dilakukan simulasi balap MotoGP. Khusus untuk marshal baru dari Brimob dan karang taruna akan mendapat porsi pelatihan tambahan pada 7 Februari 2022.

Melalui keterangan pers, Senin 7 Pebruari 2022 sore, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menjelaskan bahwa pemenuhan marshal berkualitas merupakan hal yang krusial dalam penyelenggaraan sebuah event balap. ‘’Oleh karena itu, dibawah koordinasi IMI pusat maupun NTB secara bersama-sama juga telah memberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan marshal yang kami rekrut,” katanya.

Priandhi menambahkan, marshal-marshal lokal yang direkrut dan latih ini sifatnya adalah volunteer. MGPA ingin menumbuhkan jiwa memiliki dan bangga pada wilayah mereka sendiri. Sehingga, mereka memiliki andil yang besar dalam jalannya sebuah perhelatan balap. Ini adalah event internasional yang patut dibanggakan bersama.

Salah seorang marshal Ki Agus menuturkan bahwa dirinya mengikuti perekrutan dan pelatihan ini  dikarenakan memiliki hobi pada bidang otomotif. “Disamping punya hobi pada bidang otomotif, saya ingin membanggakan nama Lombok Tengah dengan menjadi volunteer marshal di Pertamina Mandalika Circuit,” ujar Agus.

Seorang marshal lainnya Erisdayanti mengaku hal serupa bahwa disamping menikmati event balap secara langsung, ia dapat menjadi bagian di dalamnya. “Saya bangga menjadi marshal lokal yang bisa berpartisipasi dalam sebuah event yang seru ini serta berada di wilayah sendiri,” terang Erisdayanti

Seluruh marshal yang disiapkan bukan hanya untuk Mandalika MotoGP Official Test melainkan juga untuk MotoGP pada bulan Maret mendatang. Untuk itu, ITDC Group telah membuka perekrutan marshal baru.

Mgpa telah menambah perekrutan marshal baru sebanyak 100 orang untuk bersiap pada penyelenggaraan race pada Maret mendatang, sehingga akan ada lebih dari 400 marshal yang akan bertugas saat MotoGP 2022. Mereka juga telah mengikuti pelatihan pada 5-6 Februari lalu bersama dengan marshal lainnya yang telah berpengalaman. Terlepas dari itu, dengan support dari IMI, optimistis seluruh kebutuhan marshal berkualitas baik untuk official test maupun sesi race dapat terpenuhi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed