by

Meskipun Pandemi Covid-19, Pasar Modal NTB Semakin Maju

MATARAM – Di tengah pandemi Covid-19, selama periode Januari – Oktober 2021, investor saham di Nusa Tenggara Barat (NTB) naik 100,77 persen menjadi 22.422 investor saham. Investor pasar modal di NTB yang meliputi saham, reksadana, obligasi dan lainnya meningkat 101,41 persen menjadi 54.108 investor pasar modal di NTB.

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) NTB Gusti Bagus Ngurah Putra Sandiana mengatakan jumlah Single Investor Identification (SID) saham di NTB di peringkat 21. Sedangkan pasar modal di peringkat 20 nasional. ”Selama Oktober 2021 transaksi di pasar modal untuk provinsi NTB sebanyak Rp 474 miliar,” katanya.

Selama pandemi Covid-19, Kantor Perwakilan BEI NTB melakukan penyesuaian terhadap program-program edukasi dan sosialisasi dari sebelumnya offline menjadi full Online, seiring dengan pemberlakuan full Work From Home (WFH) karyawan IDX NTB. “Program Edukasi Online selama Pandemi memang memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri, ”ujarnya.

Kekurangannya yaitu sebagian masyarakat di NTB masih ada terkendala koneksi internet hingga merasa lebih nyaman berinterasi secara tatap muka, Sedangkan kelebihannya jangkauan edukasi menjadi lebih luas hingga mencapai masyarakat yang berasal dari daerah yang selama ini sulit/belum terjangkau edukasi dari IDX NTB”,

Menurut Gusti Bagus Ngurah Putra Sandiana, edukasi yang terencana dengan baik dengan dukungan dari seluruh perusahaan sekuritas / asset management di NTB antara lain : Phintraco Sekuritas, Phillip Sekuritas, MNC Sekuritas, Sinarmas Asset Management hingga perusahaan sekuritas baru di tahun 2021 ini yaitu BRI Danareksa Sekuritas, Sucor Sekuritas Mataram dan Sucor Sekuritas Lombok Timur

Selain bertambahnya perusahaan sekuritas di NTB, untuk meningkatkan distribution channel saat ini juga BEI NTB telah memiliki kerjasama dengan Galeri Investasi (GI) BEI di Universitas Mataram, STIE AMM Mataram, UIN Mataram, Universitas Mahasaswati Mataram, Universitas Teknologi Sumbawa, Universitas Islam Al-Azhar, Univesitas Samawa, Universitas Muhammadiyah Mataram, Universitas Bumi Gora, STIE Bima.

Saat ini BEI juga telah menjajaki perluasan kerjasama dengan mendirikan Galeri Investasi Edukasi (GIE) di SMA N 1 Selong, SMAN 3 Selong, SMAN 1 Gerung, SMAN 1 Mataram, SMAN 2 Mataram, SMKN 1 Mataram. Kerjasama dengan Asosiasi Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) NTB juga dilakukan dalam mendirikan Galeri Investasi Digital (GID). Selain Galeri aktivitas Komunitas Saham di NTB juga berkontribusi terhadap berkembanga pesatnya pasar modal di NTB lewat komunitas Sasambo Investor Community, Investor Saham Pemula dan Komunitas Lumbung Saham.

BEI NTB juga aktif melakukan sosialisasi pentingnya Go Public kepada perusahaan – perusahaan yang ada di Nusa Tenggara Barat. Hal ini penting untuk memberikan wawasan mengenai pentingnya perusahaan bertumbuh lewat Pasar Modal Indonesia. BEI NTB juga aktif dalam memberikan edukasi terkait pendanaan di pasar modal dan Securities Crowd Funding (SCF) kepada UKM – UKM yang ada di NTB.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed