by

Menu Nila Bakar Bambu di Lesehan Unram Farming Narmada

NARMADA – Kecamatan Narmada di Kabupaten Lombok Barat dikenal sebagai daerah yang melimpah airnya. Ada tempat pemandian tradisional Sesaot untuk berendam di dalam air yang sejuk di dalam kawasan hutan. Juga ada desa Lingsar yang menjadi sentra budi daya ikan kolam air tawar, Kemudian ada Taman Wisata Suranadi, dan di selaltan terdapat Taman Narmada sebagai duplikasi Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Di antara obyek wisata tedapat Universitas Mataram (Unram) Farming sebagai lokasi edukasi pertanian. Di areal seluas empat hekar tersebut, pengunjung berwisata agro. ”Semua diajak belajar pertanian dan rekretasi,” kata Manajer Lesehan Unram Farming Iwan Wirabhakti, Rabu 5 Mei 2021.

Ada paket pertanian seperti mengajarkan masalah pertanian mulai dari cara menanam hingga panen kepada anak-anak SD – -SMA. Antara lain berupa menanam hortikultura : sayuran, buah dalam pot alpukat, mangga, lemon jeruk perut, klengkeng durian dan lainnya.

Pengunjung juga bisa membeli untuk oleh – oleh beberupa bibit, sayuran, beras merah, beras hitam dan tanaman buah dalam pot (tabulampot). Selain masalah pertanian di Unram Farming juga tersedia fasilitas lesehan lengkap dengan spot-spot foto menarik dan kolam renang dengan makanan yang murah meriah dan tentunya nyaman.

Nah, sambil berwisata edukasi pertanian tersebut, Lesehan Unram Farming menyediakan menu tradisional setempat, Nila Bakar dan Ayam Bakar. Bukan Ayam Taliwang yang sudah kesohor di kalangan wisatawan nusantara.

Olahan Nila Bakar Bambu : dibumbuin dua jenis pelecingan dan bumbu kuning. dibngkus daun pisang dimasukkan bambu lalu dibakar. Syupaya dapat rasa uap bambu. bambu yang basah dibakar. Air dalam bambu akan menguap. Itu tastenya di situ. Seperti modelnya pepes nila dengan tambahan aroma dari uap bambu.

Adapun Nila Bakar Bambu, sebagai salah satu menu tradisional yang disajikan dan menjadi menu best seller di Unram Farming adalah Nila Bakar Bambu. Ada dua jenis bumbu yang digunakan untuk Nila Bakar Bambu yakni bumbu Plecingan dan bumbu kuning.

Untuk Nila bakar bambu bumbu plecingan, nila akan dibakar dan olesi dengan bumbu plecingan yang sudah dihaluskan dari bahan seperti cabai merah besar, cabai rawit, bawang putih, gula dan juga garam. Setelah itu baru akan dibungkus dengan daun pisang yang di dalamnya bumbu plecingannya ditambahkan daun singkong, kemudian dimasukan ke dalam bambu untuk kemudian dibakar.

Sedangkan untukNila bakar bambu bumu kuningnya akan di kukus terlebih dahulu. Nila akan dicampur dengan bumbu kuning yang terbuat dari laos, kencur, kunyit ,jahe, cabai merah besar, rawit, gula dan garam,serta daun singkong. Lalu setelah itu akan dimasukan ke dalam bambu dan kemudian di bakar.

Mengenai Ayam Bakar Narmada seperti Taliwang beda komposisi bumbu. Special diracik sendiri. Menggunakan bawang merah bawang putih dan kemiri, gula merah dan santan, garam dan gula. bumbu pelcing

Bagaimana Ayam Bakar Narmada di sana? Ini merupakan salah satu menu khas dan favorit di Lesehan Unram Farming.

Ayamnya menggunakan ayam pejantan utuh satu ekor diolesi dengan bumbu khas Lesehan Unram Farming. Anda dapat merasakan bumbu seperti bumbu kacang tapi bukan terbuat dari kacang ditambah dengan aroma pembakaran yang meresap ke bumbu dan daging ayamnya.

Dengan perpaduan rasa manis dan sedikit pedas ditambah dengan suasana lesehan yang asri, pemandangan tanaman sayuran, buah-buahan, padi disawah, kolam renang serta gemericik aliran sungai dan air terjun akan menambahkan rasa nikmatnya AyamBakar Narmada di Lesehan Unram Farming.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed