by

Menteri BUMN Erick Thohir Datangi Shell Eco marathon 2023

MANDALIKA – Shell Eco marathon 2023 yang berlangsung selamaa lima hari, 5 – 9 Juli 2023, dinilai positif oleh Menteri Negara BUMN Erick Thohir di sirkuit Mandalika, Ahad 9 Juli 2023 sore.

Menurutnya, penghematan energi ke depan dan juga terobosan bagaimana ketergantungan energi dtekan. Karena itu kejuaraan ini positif bukan hanya untuk Indonesia tapi dunia yang mendorong untuk inovasi. ‘’Sehingga ketergantungan impor BBM minyak mentah bisa kita jaga ke depannya,’’ katanya.

Dikatakannya penduduk Indonesia makin banyak dari 280 juta akan ke 330 juta, daya beli kita juga meningkat, pertumbuhan ekonomi meningkat, jadi harus ada intervensi, salah satunya, dengan invoasi. Apakah hari ini spirit generasi muda Indonesia  dan dunia yang ingin sumbangsihkan percobaan penemuan mobil listrik dan mobil hemat enegri.

Ia mengatakan menerima pemberitahuan ada penggunaan satu liter bisa mencapai jarak 1.800 kilometer. Cuma sayangnya yg di dalam kendaraan itu mampu menanggung berat cuma 48 kg. ‘’Saya tak bisa masuk. Berat saya 80 ton,’’ ujarnya

Kemudian ia menyebutkan bahwa kelas Urban diborong anak Indonesia mendominsi juara. Anak Indonesia berbakat. Inovasi anak muda Indonesia tidak dbuktikan hari ini saja, tapi sudah sebelumnya sudah banyak. ‘’Kekurangan bangsa kita bagamana inovasi itu dijadikan industrialisasi,’’ ujarnya.

Kita ini baru sekarang mikir industrialisasi. Akhirnya terjebak jadi negara kirim bahan baku saja terus. ‘’Kuncinya bagaimana inovasi ini jadi industri. Dan itulah kami pemerintah pusat dan daerah bersepakat buat bangun ekosistem industrianlisasi,’’ ucapnya.

Terobosan dilakukan Presiden Joko Widodo yang memberanikan diri mendorong hilirisasi sumber daya alam. ‘’Semua dunia tidak setuju, IMF dan lainnya tak setuju, ya diamkan saja,’’ katanya. Karena ingin pastikan industrilaisas terjadi di Indonesia melalui inovasui karya anak bangsa. Ini harus didorong ke depan. Kalo ini ada industrialisai sehingga inovasinya bisa diwujudkan.

Mengenai optimalisasi sirkuit Mandalika sebesar ini, dia dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah bersepakat setahun tidak hanya satu namun kalau bisa setiap bulan.

Adanya Shell Eco marathon Indonesia  tidak hanya dipercaya Asia Pasfik tapi Timur Tengah juga ada. Selanjutnya mendorong juga even-even besar seperti mobil sport. ‘’Ini harus kita pastikan jangan sampai asset seperti ini hanya ada satu kali, dan sekarang Sirkuit Mandalika sudah ada kalender kegiatan dalam satu tahun penuh.

Seterusnya, ia menyebutkan adanya even dunia Eco Marathon yang bakal dihadiri sekitar 1.800 orang pesertanya. Sedangkan kapasitas tamping kamar hotel hanya ada 1.200 orang saja. ‘’Karenanya perlu adanya homestay yang juga memberikan dampak kepada masyarakat,’’ ujarnya.

Kawasan Mandalika juga akan dilengkapi dengan lapangan balap kuda, lapangan golf dan trek lari alam.

Presiden Direktur Shell Indonesia Ingrid Siburian juga memastikan akan adanya Shell Eco marathon tahun 2024 mendatang. Waktunya sama di bulan Juli 2024. ‘’Juga akan mengadakan World Driver Championship,’’ ucapnya.(*)