by

Menparekraf Ajak Bangkitkan Pariwisata Lombok Barat

GERUNG LOMBOK BARAT – Menyambut hari lahirnya Pemerintah Kabupaten Lombok Barat ke-63, hari ini Sabtu 17 April 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengajak masyarakat Indonesia dan dunia untuk kembali berwisata ke destinasi wisata unggulan Pantai Senggigi yang terletak di Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Melalui video singkat yang khusus dibuat oleh Sandiaga Salahudin Uno menegaskan kembali bahwa destinasi pariwisata Pantai Senggigi merupakan destinasi pariwisata unggulan yang memiliki pemandangan indah dengan pantai pasir putihnya. Selain itu Senggigi memiliki infrastruktur dan fasilitas penunjang pariwisata yang sangat lengkap dan aman. “Ayo kembali ke Senggigi” kata Sandi Uno.

Ia juga menyampaikan motivasi dan semangat kepada masyarakat dan para pelaku wisata di Lombok agar pariwisata Lombok kembali pulih dan ekonomi kreatif kembali bangkit. Hal ini penting agar masyarakat dan para pelaku wisata di Lombok tetap optimis sehingga pariwisata Lombok khususnya Senggigi bisa kembali pulih. “Semoga pariwisata kembali pulih dan  ekonomi kreatif bangkit kembali, ” ujarnya.

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, diberitahukan bahwa dirinya akan segera berkunjung ke Lombok Barat untuk bertemu.

Senggigi adalah destinasi wisata pertama di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dibangkitkan semasa Menteri Pariwisata dan Postel (waktu itu) Achmad Tahir setelah diresmikannya Senggigi Beach Hotel – Aerowisata Group yang kini berubaha nama menjadi Kila Senggigi Beach Hotel tahun 1987. Ini adalah hotel berbintang pertama di NTB yang dibangun oleh maskapai penerbangan nasional Garuda.

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid menyebutkan rencana Sandiaga Uno tersebut merupakan angin segar pengembangan pariwisata Lombok Barat ke depan. Ditemui usai pelaksanaan rangkaian acara HUT Lombok Barat ke 63 di Gerung 17 April 2021, Fauzan mengatakan bahwa Lombok Barat memiliki rencana induk pengembangan pariwisata berkelanjutan yang perlu dukungan dari semua pihak utamanyaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk pariwisata Senggigi pihaknya akan melakukan penataan untuk memperindah kawasan wisata senggigi sehingga wisatawan nyaman dan aman berwisata ke senggigi. ”Ini sebagai langkah mempertahankan Senggigi sebagai destinasi pariwisata unggulan yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa,” ucapnya.

Fauzan yang saat itu didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Lombok Barat Ahad Legiarto juga mengatakan Senggigi merupakan destinasi wisata unggulan yang siap dikunjungi karena memiliki pelayanan yang menerapkan standart protokol kesehatan  yang disiplin sehingga wisatawan tidak perlu ragu berkunjung ke senggigi.

Pemkab Lombok Barat juga memiliki rencana pengembangan destinasi pariwisata di wilayah selatan Lombok Barat yakni di wilayah Sekotong. Menurut Fauzan, wilayah Sekotong ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa dan memiliki pulau pulau kecil yang siap untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata di Lombok Barat Bagian Selatan. Pihaknya berharap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat memberikan dukungan anggaran untuk pengembangan destinasi pulau pulau kecil di Sekotong berupa infrastruktur dan fasilitas pariwisata. “Kami berharap dukungan anggaran dalam mengembangkan kawasan pariwisata di Sekotong khususnya di pulau kecil yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa” katanya.

Secara rutin setiap akhir pekan, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat (Dispar Lobar) melakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan wisata Pantai Senggigi. Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam, melibatkan jajaran Polres Lombok Barat, dan beberapa komunitas peduli lingkungan seperti Lombok Ocean Care (LOC), Lombok Care Community (LCC), Boys Beach Clean (BBC) dan sejumlah organisasi masyarakat lainnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed