by

Menjelang WSBK, Fasilitas Pendukung Sirkuit Rampung

MATARAM – Menjelang jadwal penyelenggaraan World Super Bike (SBK) berlangsung 12 – 14 Nopember 2021, fasilitas pendukung sirkuit motoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika mendekati rampung 100 persen.

Tunnel Jalan Kawsan Khusus atau JKK  sebutan lain sirkuit di area Mandalika tersebut 100 persen selesai. Tunnel 1 sepanjang 65,57 m yang terletak di utara JKK dan tunnel 2 sepanjang 117,77 m yang terletak di selatan JKK. Kedua tunnel  dibangun sebagai  akses pendukung yang menghubungkan  jalan provinsi di sisi utara dengan lot-lot di dalam JKK dan area kawasan di bagian selatan JKK.

Saat ini pembangunan tunnel telah mencapai 100 persen untuk struktur dan plumbing, serta 99 persen untuk finishing.  Tunnel telah dilengkapi dengan fasilitas penerangan (lampu) yang menyala selama 24 jam. ”Sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro dalam keterangan pers yang diberikan Kamis 9 Sepmber 2021 petang.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Lombok, NTB, fokus menyelesaikan pembangunan fasilitas pendukung Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika, guna menyambut event balap motor internasional World Superbike (WSBK) yang akan digelar 12-14 November 2021 mendatang. Fasilitas pendukung tersebut antara lain tunnel (terowongan), Race Control, Pit Building, medical center dan helipad.

Bram Subiandoro memastikan tunnel JKK yang dibangun memiliki kelengkapan pendukung yang lengkap sehingga aman dan nyaman untuk dilewati oleh masyarakat maupun wisatawan. Untuk mengantisipasi limpahan air di musim hujan dan genangan air, masing-masing tunnel telah dilengkapi dengan sistem drainase dan didukung oleh pompa air otomatis (submersible) yang berkapasitas 0,117 m3/detik atau 7,07 m3/menit untuk tunnel 1 dan 0,073 m3/detik atau 4,38 m3/menit untuk tunnel 2. ”Sehingga kami optimistis tunnel ini akan dapat dilewati walaupun dalam kondisi hujan,” ujarnya.

Saat ini kami tengah mempercepat penyelesaian pembangunan tunnel tersebut dan kami targetkan rampung 100 persen pada September ini.

Adapun pembangunan fasilitas pendukung lainnya juga terus menunjukkan progres yang lancar.  Fasilitas pendukung seperti Medical Center dan Helipad telah mencapai progres 100 persen atau telah rampung dibangun. Sementara pembangunan Race Control Building mencapai progress 92,25 persen dan Pit Building sudah 100 persen menyelesaikan pondasi. Kedua bangunan ini ditargetkan rampung pada Oktober 2021.

Bram menjelaskan sangat bersemangat menyambut pagelaran WSBK di The Mandalika pada November mendatang.  Untuk itu, fokus untuk menyelesaikan pembangunan fasilitas pendukung JKK guna kelancaran persiapan event berikut mobilitas masyarakat maupun semua pihak terkait.

Sebagaimana diketahui, selain menyelesaikan pembangunan fasilitas pendukung JKK, ITDC juga tengah mengerjakan proyek akses jalan pendukung mobilitas masyarakat di sekitar area JKK. Salah satunya adalah jalan akses sementara menuju Pantai Seger dan Pantai Serenting  masing-masing sepanjang  748 m dan 244 m. Saat ini kedua akses jalan tersebut sudah dilengkapi rambu jalan dan bisa diakses oleh masyarakat.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed