by

Menjelang WSBK 2022 ITDC Jelaskan Warga Kecamatan Pujut

MANDALIKA -Menjelang World Superbike (WSBK) 2022, ITDC gelar sosialisasi kepada masyarakat di Kecamatan Pujut, Jum’at 30 September 2022.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai bagian dari ITDC Group, mengundang elemen masyarakat Kecamatan Pujut, Lombok Tengah di Kantor ITDC, The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mereka yang hadir, mulai dari Camat Pujut Lalu Sungkul, Kapolsek Kuta Mandalika Iptu I Made Dimas Widyantara, Kapolsek Pujut Iptu Derpin Hutabarat, SH, M., Danramil Pujut Kapten Cba Abdul Hamid, serta 17 Kepala Desa dan 18 Ketua Karang Taruna se-Kecamatan Pujut, diantaranya Kepala Desa dan Ketua Karang Taruna Desa Kuta, Sukadana, Mertak, Sengkol, Rembitan, Prabu, Tumpak, Ketara, Tanah Awu, Pengengat, Segala Anyar, Kawo, Gapura, Penggembur, Teruwai, Dadap dan Jati serta Ketua Karang Taruna Pujut.

Dalam sosialisasi event WSBK ini disampaikan sejumlah informasi mengenai rangkaian acara WSBK 2022, acara pendamping event serta cara-cara pembelian tiket WSBK. Informasi mengenai cara pembelian tiket online dan lokasi pembelian tiket offline di NTB disampaikan langsung oleh ITDC Nusantara Xplorin, unit usaha ITDC Group yang mengelola penjualan tiket WSBK 2022.

VP Motorsport MGPA Muhammad Wahab S mengatakan senang dapat berbagi informasi mengenai event kepada para pemangku kepentingan di Kecamatan Pujut yang merupakan mitra penting bagi kami dalam penyelenggaraan event WSBK 2022 ini. Seperti diketahui, selain event utama berupa rangkaian balapan yang akan berlangsung selama 3 hari, event WSBK 2022 juga akan diramaikan dengan acara pendamping yang tak kalah menariknya.”

Melalui sosialisasi ini, diharapkan seluruh pemangku kepentingan dapat mengetahui gambaran umum mengenai lokasi acara pendamping, posisi panggung hiburan utama, gambaran area pusat festival, area UMKM, area festival balon udara, mini festival, kesiapan fasilitas balap dan penonton, fasilitas parkir kendaraan, akses gate yang dilalui penonton dan traffic management, security, crowd control dan support. Dengan begitu, seluruh pemangku kepentingan dapat memahami alur kegiatan, mengetahui tugas masing-masing. ‘’Dapat memberikan dukungan yang diperlukan dalam penyelenggaraan event ini,” kata Wahab.

VP Site Operation The Mandalika I Made Pari Wijaya menambahkan dengan adanya sosialisasi ini aparat dan masyarakat di Kecamatan Pujut khususnya dapat bersama-sama mendukung dan menyebarluaskan informasi mengenai WSBK 2022, serta dapat mendukung kelancaran event WSBK 2022. Kami mohon doa dan dukungannya agar event WSBK dapat berjalan lancar serta dapat memberikan manfaat dan multiplier effect yang besar bagi perekonomian masyarakat (NTB).

Sejalan dengan strategi pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 miliar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola event “motor sport & tourism” dan mengoperasikan Mandalika International Circuit (Sirkuit Mandalika. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket.

MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed