by

Menhub Budi Karya Sumadi Mendatangi Pelabuhan Gili Mas

MATARAM – Menjelang diselenggarakannya International MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok Tengah, 2021 mendatang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendatangi Pelabuhan Kapal Pesiar Gili Mas di Kabupaten Lombok Barat, ahad 20 September 2020 siang tadi.

Pelabuhan Gili Mas yang dibangun menggunakan dana sebesar Rp 550 miliar tersebut berada di areal seluas 66 hektar di ujung Teluk Lembar. Pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan yang terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

Direktur Teknik dan Operasional, PT Pelindo III, Putut Sri Muljanto menjelaskan, saat ini Pelabuhan Gili Mas sudah mulai operasi untuk kapal pesiar. Selain itu untuk antisipasi kekurangan kamar hotel pada event MotoGP 2021, PT Pelindo III telah menyiapkan hotel terapung. ”Kapasitasnya dua ribu sampai tiga ribu penumpang di pelabuhan ini,” katanya.

Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menerima penjelasan Putut Sri Muljanto bahwa PT Pelindo III telah siap menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2021 mendatang. “Kami PT Pelindo III sudah siap menyambut MotoGP Mandalika 2021 mendatang,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Bayu Windya menyebutkan bahwa Pelabuhan Gili Mas sudah digunakan oleh tiga kapal Atosim Lampung Pelayaran untuk melayani perjalanan rute Lembar Lombok Barat tujuan Tanjung Wangi Banyuwangi. ”Muatannya full,” ucapnya.

Untuk kepentingan MotoGP, disiapkan dukungan akomodasi oleh pelaku usaha pariwisata. Ada sekitar 10.000 kamar hotel telah disiapkan. Menjelang hari H nanti akan ditambah dengan akomodasi glamping serta kapal pesiar yang difungsikan sebagai akomodasi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed