by

Mengunjungi Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur

BALIKPAPAN – Puluhan pengunjung berada di Rumah Teknologi Nusantara. Sore itu, Kamis 30 Mei 2024 mereka mengikuti penjelasan petugas yang menerangkan segala bangunan yang sedang dan akan dibangun di dalam kawasan Ibukota Nusantara.

Diantaranya, pejabat dari Jakarta selain anggota Forum Wartawan Ekonomi Nusa Tenggara Barat atau FWE NTB yang mendatangi IKN dalam rangka famtrip. ”Kami ingin melihat dari dekat kompleks ini, ” kata Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Rico Rinaldi sewaktu mendatangi lokasi rencana dibangun kantor pusat OJK.

Dipandu Sersan TNI AD Andi Rustandi – Babinsa –  yang sudah 3 tahun bertugas di komplek IKN, kemudian melihat kompleks istana, Sesneg, bakal calon tempat tinggal ASN dan rumah glamping untuk tempat menginapnya VIP. Di sini suasananya yang teduh di antara pohon yang tinggi dan teduh bisa melihat kompleks IKN.

Dari ketinggian kawasan rumah glamping tadi, bisa melihat kompleks IKN. Selama konstruksi IKN, terdapat 60 ribu orang pekerja yang berada di 60 titik lokasi pekerjaan.

Sewaktu perjalanan dari Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman SepingganSepinggan,  jalanan jalan tol maupun bukan tol, cukup mulus. Dan, lalu lintas ramai baik yang datang dari arah kota Balik Papan maupun sebaliknya dari arah IKN. Jarak Balik Papan sekitar 170 kilometer atau waktu tempuhnya 2,5 jam.

Saat ini, pengunjung terbatas sampai di Rumah Teknologi Nusantara. Di sana, ada petugas yang bisa memberikan penjelasan yang berkaitan dengan gambar-gambar yang ditempel di dinding beberapa ruangan. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed