by

Mematangkan Persiapan Balap MotoGP di Sirkuit Mandalika

MANDALIKA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group terus mematangkan persiapan penyelenggaraan MotoGP Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) di Pertamina Mandalika Circuit.

Persiapan yang dilakukan mencakup sejumlah aktivitas, antara lain perbaikan sistem saluran air (drainase) track, pembangunan tribun penonton, pembenahan main track, serta SDM untuk perekrutan marshal.

Saat ini sistem saluran air (drainase) track yang sebelumnya mengalami genangan di beberapa titik telah selesai diperbaiki. Saluran drainase ini dipantau dan dievaluasi dengan rutin seiring intensitas curah hujan yang tinggi. Saat dilakukan pengukuran dan pemantauan, dapat disimpulkan bahwa sudah tidak ada lagi genangan saat terjadi hujan lebat di area Sirkuit.

Disamping perbaikan drainase yang telah selesai, ITDC Group juga membenahi main track Sirkuit diantaranya dengan pengecatan pada beberapa area barrier sesuai permintaan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), penambahan tire barrier pada beberapa lokasi dan pemasangan digi flag.

Saat ini juga tengah dilakukan pembangunan tribun penonton yaitu Hospitality Suites VIP Village dan 11 titik lainnya di sejumlah titik di area Sirkuit. Progres pembangunan Hospitality Suites VIP Village telah memasuki pekerjaan struktur seperti pekerjaan struktur baja, pemasangan dinding bata, dan wiremesh. Nantinya, VIP Village ini akan menampung penonton hingga 2.400 orang. Sementara, untuk pekerjaan tribun lainnya memasuki tahap pengerjaan tanah antara lain, pemadatan timbunan, pekerjaan concrete pad, pekerjaan drainase, serta pemasangan pondasi atap.

Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba menuturkan, “Kami berupaya untuk mempercepat perbaikan serta melengkapi sarana prasarana yang ada di Sirkuit ini untuk memaksimalkan perhelatan balap akbar MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit pada 18-20 Maret 2022, dan Mandalika MotoGP Official Test pada 11-13 Februari mendatang. Kami memastikan seluruh pekerjaan ini telah dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek teknis sehingga dapat memenuhi persyaratan standar yang diminta Dorna Sport maupun FIM.”

Selain perbaikan pada fasilitas penunjang di Sirkuit, ITDC Group juga tengah fokus mempersiapkan perekrutan dan pelatihan marshal. Persiapan rekrutmen marshal telah dimulai dengan proses pendaftaran pada hari ini Jumat (28/1) hingga Minggu (30/1). Proses ini dilakukan dengan mengundang para marshal yang sebelumnya telah berpengalaman pada event WSBK 2021 untuk kembali mengajukan diri dan berpartisipasi pada Mandalika MotoGP Official Test dan MotoGP 2022. Proses ini terus dilakukan dengan tetap berkoordinasi dan mendapatkan persetujuan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Kami berupaya meningkatkan kesiapan SDM di Indonesia, khususnya Lombok, dalam menyambut dan menyelenggarakan event balap motor bergengsi di Pertamina Mandalika Circuit. Dalam upaya peningkatan kemampuan SDM lokal sekaligus memastikan penyelenggaraan berjalan sukses tersebut, kami akan mengkombinasikan SDM lokal dengan SDM yang telah berpengalaman dalam event balap serupa di level internasional.

Untuk itu, akan menyiapkan petugas Clerk of The Course (COC) yakni Tamo ex COC MotoGP Sepang dan Tony Witaker ex COC WSBK di The Mandalika tahun lalu. Harapannya akan ada transfer knowledge dan pengalaman dari pihak-pihak yang berpengalaman kepada SDM lokal sehingga memperkuat persiapan para marshal dalam menghadapi event-event di Pertamina Mandalika Circuit di masa yang akan datang,” ucap Samsul.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed