by

Media Center Indonesia Untuk Keperluan Media Lokal

MATARAM – Jelang tes pramusim MotoGP tahun 2022 di Mandalika  Pemerintah Provinsi Nusa Tenggaara Barat (NTB)  bersama Kementerian Kominfo RI, Polda dan Pemkab Lombok Tengah, sepakat membangun Media Center Indonesia (MCI). Hal tersebut dilakukan untuk menfasilitasi media lokal memberitakan sisi lain (side event) pada event internasional tersebut.

Kepala Dinas Kominfotik Najamuddin Amy, menyampaikan bahwa MCI dibangun untuk wadah para jurnalis lokal memberitakan motogp. “Karena banyak sisi lain di sekitar kawasan sirkuit yang harus di beritakan untuk masyarakat,”kata Najam sewaktu beradai di Tribun Lumbung Lapangan Bhara Daksa Markas Kepolisian Daerah NTB, Kamis 10 februari 2022.

Sebelumnya mereka yang hadir dilakukan tes swab antigen. Beberapa orang diantaranya ditemukan reaktif Covid-19.

Lebih 260 orang wartswan di Mataram dan sekitarnya mendaftar agar bisa melakukan liputan MotoGP.melalui MCI. Ini berdasarkan penglaman sewaktu Worldd Superbike Nopmeber 2021 lalu yang tidak bisa mendapatkan kesempatan melakukan liputan balapnya.

Najamudin berharap agar media atau jurnalis menyampaikan pemberitaan dan informasi yang membangun citra baik sekaligus membangkitkan pariwisata dan ekonomi di NTB.

Selain itu, juga menyampaikan  apresiasi kepada Kemenkominfo RI, yang sudah menfasilitasi media lokal untuk memudahkan akses peliputan di event MotoGP. “Kami terus berusaha siang dan malam bersinergi dan berkolaborasi dengan Kominfo RI, Kabid Humas Polda NTB dan Diskominfo Kabupaten Lombok Tengah, bersama ITDC mengupayakan kemudahan akses liputan untuk media lokal,” kata Najam.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan bahwa kehadiran MCI ini menjadi sarana menfasilitasi media lokal di NTB. Sehingga untuk memperlancar kegiatan jurnalis maka wartawan juga diminta harus memahami rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polda NTB. Hal ini sangat penting untuk ketahui media atau pers yang akan bertugas di Media Center Indonesia. Agar memahami jalur kendaraan dan penyekatan lalu lintas di beberapa titik.

Oleh sebab itu, kendaraan awak media akan dilabeli dengan stiker khusus hingga masuk parkir. “Saya sudah koordinasi dengan Satlantas,” ucapnya. Ada 5 unit kendaraan yang disediakan untuk khusus menjemput awak media dari parkiran menuju media center Indonesia.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed