by

Masalah Mesin, Kapal Wisata dari Bali tujuan Labuan Bajo Alami Darurat di Lombok

TELUK NARA LOMBOK UTARA -Sebuah kapal dengan nama AL II KAI GT 171 yang berangkat dari Pelabuhan Benoa, Bali menuju Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur mengalami kendala pada bagian mesin di perairan Selat Lombok, Sabtu 4 Juni 2022 malam..

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH menjelaskan, pihaknya menerima laporan dari Ketua Koperasi Karya Bahari Sabarudin, pukul 20.48 Wita. ‘’Permintaan evakuasi sebanyak 26 orang, 11 orang kru kapal dan  sisanya penumpang,” kata Nanang.

Tim Sar diberangkatkan dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat dengan menggunakan kapal Rescue Boat 220 Mataram untuk melakukan evakuasi. “Jarak 21,75 Nm menuju lokasi kapal, sesuai titik koordinat yang diberikan oleh nakhoda kapal tersebut,” ujarnya.

Ahad 5 Juni 2022 sekitar pukul 00.05 Wita kapal tersebut ditemukan sebelah barat perairan Teluk Nara, Lombok Utara akibat terbawa arus ke arah selatan, kondisi masih bisa berlayar dengan kecepatan rendah. ‘’Karena dekat, kita arahkan ke Teluk Nara dengan pengawasan hingga dipastikan posisi aman,” ucapnya.

Pukul 02.45 Wita berhasil lego jangkar di lokasi yang ditentukan di Teluk Nara dengan seluruh korban dalam keadaan selamat. Penumpangnya merupakan warga negara asing asal India, Jerman, Spanyol, Australia, Amerika Serikat, dan Italia.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed