by

Madu Semongkat Dijual di Arena MXGP Samota 2022

SUMBAWA BESAR – Tidak hanya tentang balapan, gelaran MXGP Indonesia Samota Sumbawa 2022 yang digelar mulai hari ini juga menghadirkan beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya UMKM lokal.

Adanya MXGP ini menjadi peluang untuk mengembangkan UMKM lokal, khususnya yang ada di Sumbawa. Sebanyak sembilan mitra binaan PLN turut berpartisipasi dan ikut mempromosikan hasil produksinya, salah satunya mitra binaan PLN yang berhasil menembus pasar dunia, Madu Semongkat Sumbawa.

Desa Semongkat di Kecamatan Batu Lanteh – sekitar 15 kilometer arah selatan dari Kota Sumbawa Besar, terdapat sekitar 60-80 orang warga dan petani madu yang tergabung didalam kelompok petani Madu Lestari. Penghasilannya sekitar 100 botol perhari di saat musim panen.

Ketua Kelompok Pemburu Madu Hutan “Madu Lestari” Mohammad Yamin mengemukakan  dirinya sangat senang karena dipercaya untuk mengisi salah satu stan UMKM di ajang internasional ini. Kelompok Madu Lestari memproduksi Madu Semongkat Sumbawa. “Gelaran MXGP ini tentunya sangat membantu untuk mengenalkan produk kami ke pasar yang lebih luas. Tamu yang datang tidak hanya dari domestik saja, tapi juga mancanegara, ” kata Yamin.

Ia juga bersyukur PLN memberikan kesempatan Madu Semongkat Sumbawa dan harus terus beradaptasi dan berinovasi,  menjawab tantangan pasar yang semakin banyak. “Menjadi mitra binaan PLN memberikan banyak sekali kemudahan. Dikenalkan dengan banyak media promosi, pelatihan peningkatan kualitas produk, dan banyak lagi, ” ujar Yamin.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa Wiedhyarno Arief menyebutkan bahwa event yang luar biasa ini akan sangat disayangkan apabila tidak dioptimalkan. ‘’Kesempatan untuk mengenakan  produk lokal ke mancanegara sangat langka, ‘’ ucapnya sewaktu berada di Posko Siaga MXGP Samota,

Wiedhy juga berharap keikutsertaan UMKM di MXGP ini, terutama yang merupakan mitra binaan dapat mendongkrak perekonomian daerah. Hal ini  merupakan kontribusi PLN untuk NTB, selain sebagai fungsi utama penyedia tenaga listrik.

Selain Madu Semongkat Sumbawa, PLN juga menghadirkan beberapa produk mitra binaannya seperti Rumah Coklat Kita, DevinaChoco, SuKaRaZa dan juga Sumbawa Honey. “Ayo bagi penonton MXGP! Jangan lupa mampir ke stan PLN. Dukung UMKM lokal, bantu tingkatkan ekonomi daerah, ” kata Wiedhy.(*)