by

Longtun Waterpark And Vila di Kopang Rembiga

KOPANG REMBIGA – Salah satu daeah penyangga kawasan Mandalika adalah Longtun Waterpark Resto Hotel di kota kecamatan Kopang Lombok Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi merespon kehadiran Longtun Waterpark dan Villa yang dibangun oleh seorang warga setempat. Keberadaan atraksi hiburan tersebut disebut bisa membangkitkan ekonomi di kawasan desa wisata Kopang Rembiga. ‘’Sehingga memperluas akses sport wisata di daerah penyangga Mandalika,’’  katanya, Jum’at 25 Februari 2022 siang.

Tempatnya strategis, transportasi dan UMKM cukup bagus pertumbuhannya sangat menguatkan sport dan niaga UMKM di sana. ‘’Sangat monumental tidak hanya atraksi tapi juga tatanan lingkungannya,’’ ujarnya. Berbagai kegiatan pertemuan didorong untuk memilih lokasi di sana.

Memiliki waterboom terbesar di Nusa Tenggara Barat, fasilitas kolam pemandiannya disiapkan memenuhi syar’i karena memisahkan kolqam laki-laki dan perempuan. Juga toiletnya terpisah. Lendek Jayadi mengatakan Longtun sebagai epicentrrum penyanggah kegiatan destinasi dan UMKM.

Longtun Villa terletak di tengah pohon manggis dan durian di Desa Kopang Rembiga Lombok Tengah. Suasananya rindang ditambah pohon bambu, matoa dan kurma dan adanya aliran sungai Loang Tune yang mengalir di sebelahnya. Lokasinya tidak jauh dari jalan negara, 32 kilometer dari kota Mataram atau 12 kilometer dari kota Praya – ibukota kabupaten Lombok Tengah.

Tidak disangka akomodasi di area seluas 3,2 hektar di dalam Kampung Ngorok tersebut pejabat negara (katanya dari Kejaksaan Agung) sebagai calon penoton MotoGP 18 – 20 Maret 2022 sudah ngeblok delapan kamar plus satu family room di sana. Di tengah kebun itu juga ada restoran di sebelah barat kolam pemandian.

Terpisah oleh kebun milik warga lain seluas 60 are, berhadapan dengan jalan negara ada pula Longtun Waterpark. Terletak di Kampung Pendagi, luasnya 3,8 hektar Berada di tengah kebun kelapa diantara pohon buah yang lain seperti Manggis, Jambu, Bile, bamboo hias, Cemara dan mangga

Di sana ada tempat perosotan air melingkar sepanjang 600 meter, yang untuk masuknya hanya dikenai biaya Rp 20 ribu untuk anak-anak dan Rp 25 ribu tariff dewasa. Selama dua hari libur akhir pekan, pengunjungnya bisa mencapai 2.000 orang. Kapasitasnya mencapai 5.000 orang. Malahan sewaktu libur tahun baru 2022 lalu, pengunjungnya mencapai 8.000 orang

Itulah Longtun Waterpark Resto Hotel di kota kecamatan Kopang Lombok Tengah yang ramai dikunjungi dan diinapi wisatawan nusantara setiap akhir pekan. ‘’Tamu lokal domestik yang sudah menjadikan tempat berlibur akhir pekan,’’ kata Asisstant Food & Beverage Manager Beggy, Kamis 24 Februari 2022 pagi.(*)