by

Lombok Timur Dukung Akomodasi Penonton MotoGP

SELONG – Kabupaten Lombok Timur yang memiliki destinasi wisata alam siap mendukung kebutuhan akomodasi calon penonton. Agar tidak repot harus menginap di seberang pulau Bali, jika kesulitan mendapatkan hotel dan homestay, di Lombok Timur juga tersedia ratusan homestay, hotel dan vila.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Lombok Timur Muhammad Nursandi menawarkan ketersediaan kamar – kamar hotel di daerahnya yang tersebar di lima kawasan sekitar Rinjani. ”Ada di selatan, timur, tengah, pesisir selatan dan pesisir timur Gunung Rinjani,’’ katanya, Sabtu 15 Januari 2022.

Muhammad Nursandi mengatakan akomodasi yang tersedia bagi tamu yang ingin bermalam di Lombok Timur. berupa hotel, homestay dan villa. Di sana, telah dihimpun adanya 156 homestay yang jumlah kamarnya 607,  23 hotel memiliki 315 kamar dan sebanyak 60 kamar di delapan vila.

Mengenai tarifnya, selama ini dalam kondisi normal kisarannya tariff homestay Rp 200 ribu – Rp 450 ribu. Jika hotel, Rp 650 ribu – Rp 1 juta. Sedangkan vila, dari Rp 2,5 juta – Rp 6 juta.

Jarak tempuh menuju sirkuit Mandalika relatif dekat dan perjalanan ke semua destinasi, kawasan yang tersebar tersebut rata rata membutuhkan satu jam perjalanan menuju lokasi dan wisatawan bisa memilih tempat menginap sambil memanjakan mata menikmati keindahan potensi destinasi yang belum tentu didapatkan di daerah lain. Sebab tempat wisata yang ada di Lombok Timur sangat komplit, mulai dari wisata gunung, bahari, kuliner, budaya, air terjun, pantai dan masih banyak lagi.

Akses menuju destinasi wisatanya rata-rata mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan bermotor maupun menggunakan roda empat sudah bisa langsung ke lokasi wisata.

Adapun jarak tempuh lokasi akomodasi tersebut yang berada di sebelah timur ke lokasi sirkuit Mandalika bervariasi. Jika dari kota Selong – ibukota Kabupaten Lombok Timur, jaraknya 50 kilometer yang waktu tempuhnya 80 menit. Kemudian jika menginap di desa Titi Batu di bawah Rinjani juga jaraknya sekitar 50 kilometer. Yang terdekat jika menginap di Teluk Ekas perairan selatan Lombok Timur hanya 30 kilometer. Yang terjauh di Desa Sembalun – lembah Rinjani sekitar 90 kilometer waktu tempuhnya dua jam.

Transportasi public berupa shuttle bus menuju semua kawasan prioritas sudah terintegrasi dengan mode transportasi Mandalika.

Muhammad Nursandi juga menyebutkan tamu yang menginap di hotel, homestay maupun villa, tersedia berbagai paket wisata dan alat penunjang lainnya. Sehingga kenyamanan dan sensasi bagi tamu yang ingin ke lokasi wisata dapat terjamin dengan baik.

BPPD Lombok Timur meyakini pelayanan bagi wisatawan di Lombok Timur akan mendapatkan pengalaman yang menarik sepanjang perjalanannya, sebab nantinya akan dipandu oleh guide yang berpengalaman dan profesional.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed