by

Lombok Direncanakan Sebagai Base Air Asia

MATARAM – Air Asia segera membuka jalur penerbangan destinasi wisata Bali – Lombok – Bima – Labuan Bajo. Direktur Utama Air Asia Veranita Yosephine Sinaga menemui Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah untuk berkolaborasi dengan hotel di Lombok untuk menginapnya penumpang Air Asia selama berada di Lombok.

Veranita Yosephine Sinaga mengatakan program yang direncanakannya ini memiliki tujuan ingin menciptakan nilai, kemudahan dan inklusivitas bagi semua orang. ”Menumpang Air Asia semua orang bisa terbang, menginap, berbelanja, kuliner, dan menikmati berbagai kemudahan di Lombok sebagai daerah wisata super prioritas,” katanya Kamis 3 Desember 2020 siang.

Apalalgi diyakini adanya gelaran dunia MotoGP 2021 mendatang ini merupakan potensi yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan kontribusi membangkitkan perekonomian nasional. ”Termasuk NTB saat ini yang tengah menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Veranita Yosephine Sinaga..

Zulkieflimansyah merespon progres Air Asia tersebut. Dikatakan bahwa Pemerintah Provinsi NTB membuka seluas-luasnya para pelaku usaha termasuk jasa penerbangan Air Asia untuk bisa membangun dan membuka konektivitas jalur penerbangan ke NTB bagi para wisatawan. ”Terlebih dengan semakin dekatnya pelaksanaan event dunia MotoGP di Kawasan Mandalika Lombok Tengah 2021 mendatang,” ucapnya.

Ia menyatakan membuka peluang dan menyiapkan kemudahan untuk Air Asia yang hendak mengembangkana usahanya melalui jalur penerbangan ke NTB bekerjasama dengan para pengusaha hotel dan restoran untuk membangkitkan perekonomian daerah dari sektor pariwisata.

Zulkiefflimansyah meminta Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh. Faozal untuk melakukan koordinasi sebaik-baiknya dengan pihak pelaku usaha tersebut agar bisa disiapkan hotel sebagai penginapan para tamu ataupun untuk kebutuhan kulinernya ataupun belanja souvenir khas NTB. ”Terlebih dalam menghadapi gelaran balap MotoGP,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Bayu Windya menjelaskan bahwa selama ini Air Asia sudah mengisi rute Jakarta – Lombok – Yogyakarta – Lombok dan Bali – Lombok. Selain rute gemuk Kuala Lumpur – Lombok yang sempat diterbangi sehari tiga kali. Juga penerbangan dari Perth Australia Barat ke Lombok setelah Lombok ditetapkan sebagai hub penerbangan Air Asia. Dijadwalkan juga penerbangan dari Singapura – Lombok. ”Sekarang ini penjajakan Lombok sebagai based Air Asia,” ujarnya.

Mereka sedang mencoba cara baru bisnis penerbangan ke Lombok memberikan tarif terpadu memberikan diskon tarif pesawat dan tarif hotel.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed