by

Lombok Brewers Cup Competition 2021 Di Hotel Svarga Lombok Barat

SENGGIGI – Bekerjasama dengan Svarga Resort Lombok dan Lombok Specialty Coffee Association (LSCA), Dinas Pariwisata Lombok Barat (Dispar Lobar) mengadakan Lombok Brewers Cup Competition 2021 yang berlangsung di Svarga Resort Lombok, 2 – 7 November 2021.

Adanya event ini diharapkan mampu memberikan banyak manfaat bagi industri pariwisata dan industri kopi lokal yang ada di daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat ditemui seusai teknikal meeting General Manager Svarga Resort Lombok Ali Muhammad Yusuf, mengatakan, dengan event hasil kolaborasi ini diharapkan dapat mengembalikan gairah dunia usaha dan pariwisata di Senggigi Lombok Barat itu sendiri.

Era pandemi ini menurutnya sangat mempengaruhi semua sektor usaha yang ada di Lombok Barat, khususnya dalam bidang usaha pariwisata.  “Apalagi sebagaian besar pendapatan kami dari sektor pariwisata, harapannya event akhir tahun ini dapat memberi semangat untuk dunia usaha khususnya kopi sehingga bisa membuat masyarakat dan wisatawan untuk semakin mencintai kopi lokal disini,” katanya.

Kepala Dispar Lobar Lobar Saepul Akhkam berharap agar para barista yang berpartisipasi tidak hanya menjadikan event ini sebagai ajang berkompetisi dan memperebutkan hadiah. “Ini bukan soal menang atau kalah, tapi jadikan kompetisi ini menjadi ajang silaturahmi antar semua pelaku industri kopi, khususnya barista agar bisa saling mengupgrade diri,” ujarnya.

Kompetisi ini berhadiah uang tunai jutaan rupiah dan merchandise menarik. Adapun juri kali ini merupakan juri nasional yang mempunyai pengalaman sebagai juri. Juri kali ini mendatangkan Doddy Samsura Champion 2011 & 2013, Julian Q Coffee Lab, Adjie Sastra juri Nasional ICE & Gaby Dua Coffee.

Julian, salah satu juri yang juga Vice Chairman LSCA mengatakan semua proses kompetisi memakai standar nasional dan bahan kompetisi termasuk kopi juga sudah melalui proses seleksi yang cukup ketat.

Ada 78 peserta, itu termasuk 15 pesert dari luar daerah NTB, sebelumnya mereka melalui tahap kualifikasi dan akan dipilih 36 barista untuk masuk ke babak besar yang akan diadakan saat tanggal 7 november 2021 nanti di Svarga Resort.

Dari 36 barista yang masuk babak besar, akan dipilih 10 barista yang akan masuk ke babak final untuk memeperbutkan juara.

78 barista dari sejumlah daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti kualifikasi Lombok Brewers Cup 2021 yang berlangsung di Svarga Resort Lombok, Selasa 2 Nopember 2021. Dari 78 peserta yang ikut kualifikasi, 36 peserta dengan skoring terbaik berhak ikut serta di babak besar yang akan berlangsung tanggal 7 November mendatang di tempat yang sama.

Tokoh politik nasional asal Sumbawa Fahri Hamzah yang datang langsung melihat persiapan lomba di Svarga Resort Lombok mengatakan kompetisi seperti ini tentu sangat besar manfaatnya untuk reposisi kembali pariwisata Nusa Tenggara Barat secara umum dan Industri kopi Nusa Tenggara Barat secara khusus.

Karena dengan cara kompetisi ini, akan mampu menunjukkan potensi dari kualitas kopi, kualitas barista, hingga para pelaku bisnis yang siap untuk menggiatkan produksi dan konsumsi dari kopi lokal. “Sehingga nanti tidak saja menjadi ciri khas daerah, namun mampu diperdagangkan keseluruh dunia,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan jika momentum event besar yang akan hadir seperti WSBK dan MotoGP yang akan digelar di Lombok dalam waktu dekat diharapkan menjadi titik balik dari kopi Nusa Tenggara Barat untuk tampil di kancah Internasional. “Agar dunia tahu NTB tidak hanya tentang keindahan pulau-pulaunya, akan tetapi juga menyuguhkan kenikmatan kopi dan produk-produk lokal yang berkualitas lainnya,” ucap Fahri Hamzah yang juga memiliki usaha kopi pribadi ini.

Instruktur Lab. Tata Hidang Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok Wahyu, yang datang menemani dua anak didiknya berkompetisi, mengatakan jika ajang ini bisa menjadi tahap awal bagi siswanya sebelum terjun ke dunia industri sebenarnya. “Ini bisa menjadi latihan bagi mereka, jika di lab. mereka cuman praktik, di sini mereka akan dapat pengalam langsung layaknya ditunggu konsumen untuk memberikan sajian yang memuaskan,” katanya.

Salah satu peserta perempuan dalam ajang ini, Natasha Benita Radian, perwakilan dari Kava Coffee & Eatery Mataram mengungkapkan jika ajang ini akan menjadi event paling pas baginya untuk meningkatkan keahlian dan segala aspek yang dibutuhkan untuk menjadi seorang barista professional.

“Saya terjun di perkopian sekitar 2017 akhir, dan beberapa kali juga ikut kompetisi, namun ini event paling professional yang pernah saya ikuti, secara SOP, dari juri juga, jadi pas banget untuk ajang upgrade diri,” ucap Naben sapaan akrabnya. “Saya rasa ini kolaborasi yang sangat luar biasa antara Dispar Lobar, Svarga dan LSCA, dan hastagnya yang relevan sekali #AyoKembaliKeSenggigi,” ujar Natasha.

Ia lalu berharap dengan adanya event seperti ini kepariwisataan khususnya di Lombok bisa secepatnya pulih. “Karena dengan pulihnya pariwisata yang merupakan aspek terdepan terutama di bidang perekonomian di Lombok ini, giat perekonomian di bidang-bidang lainnya mengikuti untuk pulih,” ucapnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed