by

Lombok Barat Siap Sukseskan Ironman 70.3 Lombok

GERUNG – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) siap mensukseskan kejuaraan triathlon Ironman 70.3 yang akan digelar pada 8 Oktober mendatang. Komitmen itu disampaikan para Kepala OPD Lobar pada rapat ekspose event Ironman yang dipimpin langsung oleh Bupati Lobar Fauzan Khalid di Ruang Rapat Jayengrane Kantor Bupati Lombok Barat, Selasa 27 September 2022.

Kejuaraan triathlon Ironman ini nantinya akan melewati tiga wilayah kabupaten/kota di NTB, yakni Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, dan Lombok Tengah. Untuk mensukseskan event ini, Pemkab Lobar bersama para stakeholder terkait sudah melakukan persiapan mulai dari pemberitaan, keamanan dan keselamatan peserta, kebersihan, hingga hiburan di sepanjang rute yang akan dilalui para peserta Ironman. Tidak lupa juga persiapan dalam hal kenyamanan bagi para peserta saat berada di Kawasan Senggigi.

General Manager Holiday Resort Lombok Ktut M Jaya Kusuma yang juga Ketua Senggigi Hotel Association. “Kami sangat siap sebagai venue utama, baik dari sisi akomodasi, food & beverage, internet, dan lain-lain. Tidak hanya di Holiday Resort, kami semua di Senggigi Hotels Association, dan APH (Asosiasi Pengusaha Hiburan) juga sudah siap,” ujar Ketut M  Jaya Kesuma.

Kejuaraan Ironman 70.3 Lombok ini diikuti lebih dari 400 peserta dari 33 negara. Dalam kejuaraan triathlon ini ada tiga jenis kategori yang harus dilalui, yakni renang, sepeda kemudian lari yang bisa dilakukan secara individu yakni satu orang melakukan semua kategori, atau secara tim yang terdiri dari 2-3 orang untuk melakukan ketiga kategori tersebut.

Dalam ajang ini, para peserta akan menempuh jarak sejauh 113.1 kilometer atau 70.3 miles yang dimulai dari renang satu putaran di pantai seputaran Holiday Resort sejauh 1.9 km. Kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90.1 km dari Holiday Resort Senggigi melewati Kota Tua Ampenan hingga seputaran wilayah Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) di Lombok Tengah lalu kembali lagi ke venue utama di Holiday Resort. Terakhir, peserta akan lari sejauh 21.1 km dari Area Transisi di Holiday Resort ke seputaran Hotel Montana Premier lalu kembali lagi ke venue utama sebanyak dua putaran.

Persiapan dikatakancar. Kebetulan yang ditunjuk dari pemerintah sebagai leading sektornya Dinas Pariwisata NTB, dari sana kita sudah berkomunikasi dengan dinas terkait termasuk dengan 3 kabupaten dan kota terkait. Dukungan dan antusias dari pemerintah daerah sendiri sangat bagus,” ujar Operation Head Indonesian Sport Management (ISM) Fathurrozi, selaku penyelenggara Ironman 70.3 Lombok.

Diungkapkannya, ajang Ironman ini rencananya akan diselenggarakan di Samosir Sumatera Utara. Namun pihak penyelenggara lebih memilih Lombok karena dianggap lebih layak sebagai lokasi kegiatan.

Fathurrozi mengatakan, saat bertemu dengan pihak Ironman pusat, pihaknya menawarkan beberapa spot menarik di Indonesia. Beberapa alternatif kemudian diusulkan, dan yang pertama awalnya adalah Samosir di Sumatera Utara. Namun setelah diperiksa kelayakannya ternyata kurang memenuhi syarat.

Lalu selanjutnya diajukan Lombok, mereka diajak untuk melihat situasi di sini, bertemu langsung dengan gubernur, dan ternyata sambutannya bagus. Setelah cek keadaan laut, terutama karena harus berenang 1,9 km, setelah diteliti keadaanya akhirnya Senggigi yang terpilih. ‘’Secara infrastruktur sudah paling siap di Senggigi ini,” ucap Fathurrozi.

Kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi dari Pemkab Lobar, khususnya Dinas Pariwisata. Kepala Dinas Pariwisata Lobar M. Fajar Taufik berharap kegiatan ini mampu memasarkan Lombok Barat khususnya Senggigi di dunia internasional.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bupati Lobar Fauzan Khalid, Lombok Barat siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan event Iron Man yang pertama di Lombok Barat. ‘’Kami harapkan dengan adanya event internasional ini, bisa semakin menggeliatkan kembali sektor patiwisata di Lombok Barat khususnya Kawasan Senggigi,” kata Taufik.(*)