by

Listrik untuk Pedagang di Pelabuhan Kapal Wisata Gili Mas

MATARAM – Sejak Kamis 28 April 2022 lalu, sebagai bentuk dukungan dalam upaya pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat, khususnya para pelaku usaha dan juga persiapan memasuki era kendaraan listrik di Nusa Tenggara Barat (NTB), PLN kembali memasang Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dengan biaya penyambungan gratis di Pelabuhan Gili Mas, Lembar Lombok Barat.

Sebanyak dua unit SPLU yang memiliki 16 buah kWHMeter total daya tersambung 48.400 VA telah dipasang untuk melistriki pedagang di area pelabuhan. Pelanggan prabayar yang ada terinci 12 pelanggan menggunakan kapasitas 2200 VA dan empat pelanggan prabayar menggunakan kapasitas 5500 VA.

General Manager Pelindo III Baharudin, mengapresiasi upaya yang telah dilakukan PLN untuk membantu para pedagang untuk memperoleh akses listrik secara legal di kawasan pelabuhan. “Saya ucapkan terima kasih kepada PLN. Tentunya pemasangan SPLU ini akan membantu meningkatkan perekonomian pedagang karena suplai listrik yang digunakan tiap harinya diperoleh PLN,” kata Baharudin.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram, Maman Sulaeman menjelaskan ini adalah salah satu program PLN dalam penyediaan listrik untuk fasilitas umum di tempat-tempat strategis. untuk mendukung program peningkatan ekonomi, khususnya pedagang di sekitar Gili Mas. “Ekonomi pedagang akan meningkat karena biaya listrik lebih murah. Ini disebabkan SPLU menawarkan tarif yang terjangkau, yakni sama dengan tarif pelanggan pada umumnya”, ujar Maman

Selain untuk pemenuhan listrik di lokasi umum, pemasangan SPLU juga bertujuan agar semua pelaku usaha atau perniagaan yang mungkin selama ini menggunakan listrik secara ilegal, bisa beralih ke listrik PLN. Salah satunya, adalah faktor keselamatan ketenagalistrikan karena penggunaan listrik secara ilegal tentunya tidak aman dari sisi keamanan instalasi listriknya.

Pemasangan SPLU ini juga salah satu program besar PLN untuk mempersiapkan era kendaraan listrik di NTB,  yang telah dicanangkan oleh Gubernur NTB, Zulkeflimansyah, Februari 2021 lalu. “Ke depan, semoga akan lebih banyak tempat lagi yang bisa dipasangi SPLU. Ekonomi meningkat, keamanan lebih terjamin dan juga untuk persiapan menghadapi era kendaraan listrik di masa depan, khususnya di NTB”, ucap Maman.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed