by

L’Etape Indonesia by Tour de France digelar kedua kalinya di Mandalika

MANDALIKA – L’Etape Indonesia by Tour de France resmi digelar kembali, Ahad 28 Mei 2023 besok di Kawwasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat

Layaknya pebalap Tour de France akan ada King of Mountain (KOM) dengan polkadot jersey, jersey hijau untuk jawara sprint, dan pemenang lomba secara umum yang akan memperoleh jersey kuning, serta jersey putih untuk pemenang Youth Category.

Setelah sukses digelar yang pertama pada 20 Februari 2022, Pecinta olahraga balap sepeda jalan raya (road bike) di Indonesia kini bisa merasakan ketegangan dan sensasi ala balap sepeda legendaris, Tour de France melalui L’Etape Indonesia by Tour de France persembahan penyelenggara Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization) yang bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia Veloism Danendra Aksata (VDA).

Melalui keterangan pers yang diterima di Mataram, Sabtu 27 Mei 2023 petang, Direktur L’Etape Indonesia by Tour de France Zacky Badrudin mengatakan bersyukur akhirnya gelaran event internasional ini bisa digelar kedua kalinya di The Mandalika. ‘’Daya tarik balap sepeda legendaris Tour de France menjadi magnet khusus pecinta sepeda roadbike untuk mengikut event ini,’’ katanya.

VDA sebagai promotor sport & management olahraga terdepan di Indonesia mencoba memberikan sensasi ala balap sepeda Tour de France lewat acara L’Etape Indonesia by Tour de France. Selain itu dalam perhelatan L’Etape Indonesia kali ini secara exclusive hadir pula Dara UY as Tour de France Representative.

Sensasi balap ala pebalap sepeda Tour de France dipersembahkan oleh L’Etape Indonesia by Tour de France dengan keriaan dan inagurasi semirip aslinya. Mulai dari inagurasi jersey poldakot legendaris untuk King of Mountain (KOM), jersey hijau untuk jawara sprint, dan jersey kuning untuk pemenang kategori secara keseluruhan. Tidak lupa inagurasi jersey putih untuk pebalap muda (youth category).

Secara umum L’Etape Indonesia by Tour de France menawarkan dua kategori lomba: The Race yang menempuh jarak 141 km dan The Ride yang menempuh jarak 79 km. Namun yang berbeda di tahun ini L’Etape Indonesia by Tour de France memiliki 2 kategori baru yaitu Team Competition dan Non Road Bike.

Turut hadir pula memberikan support secara langsung gelaran L’Etape Indonesia by Tour de France2023 yaitu Mr. Dara UY as Tour de France Representative Besar harapan acara L’Etape Indonesia by Tour de France juga bisa membangkitkan iklim sport tourism yang ada di Indonesia secara umum, dan kawasan The Mandalika, Lombok Tengah secara khusus. Kali ini membawa beberapa barang legendaris dari Tour de France seperti bidon yang telah dipakai pada tahun 1903 – 2003 yang sudah menjadi Tour de France Museum. ‘’Dapat dilihat nant oleh semua peserta L’Etape Indonesia by Tour de France kali ini,” ujar Zacky.

Peserta L’Etape Indonesia juga tidak perlu khawatir akan keselamatan saat mengikuti race nanti, karena semua peserta diberikan perlindungan dari asuransi Jagadiri.

Bekerjasama dengan ITDC, L’Etape Indonesia by Tour de France sendiri akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok yang menjadi salah satu venue kebanggaan dari Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur (NTB). Selaku pengembang dan pengelola kawasan The Mandalika dan Pertamina Mandalika International Circuit, ITDC membuka pintu kerjasama seluas luasnya bagi penyelenggara sport event maupun event hiburan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan/event di The Mandalika dan Pertamina Mandalika International Circuit sebagai venue utama yang memiliki daya tarik dan keunikan serta keindahan alam sekitar sirkuit. ‘’Yang dapat memanjakan mata dan tentunya menciptakan pengalaman baru yang tidak terlupakan,” ucap General Manager The Mandalika Molin Duwanno.

Ketua Pokja Olahraga Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ki Agoos Irvan Faisal mengatakan, sebagai bagian dari program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Mandalika merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang menawarkan sensasi bersepeda melalui event L’Etape Indonesia by Tour de France. Diharapkan berlangsungnya event ini dapat menjadi calendar tetap event sport tourism. ‘’Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara,’’ katanya.

Ia mengatakan terima kasih atas dukungan untuk L’Etape Indonesia by Tour de France 2023, yang didukungan penuh oleh para partners yaitu Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Tengah serta para pihak seperti Counterpain, Kahf, Asuransi JAGADIRI, Cannondale, Wahoo, Pocari Sweat, Santini, 100 Persen, Diza Coal,Fitbar, Jiwater, Angkasa Pura, Indonesia Cycling Federation, Novotel, dan juga KOL yang hadir sepert Benny Yahya, Chaidir Akbar, Hilda Noviyanti, Tabitha Sumendap, Dimas Ekky, Ade Juanita, Markoneng, Aidul, Melisa, Martha Sita, Ina Rosyid, Fanny Aiko.

L’Etape Indonesia By Tour de France L’Etape Indonesia by Tour de France adalah serangkaian acara bersepeda amatir yang dirancang untuk merasakan euforia balap sepeda legendaris Tour de France, merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu pesepeda amatir karena memberikan pengalaman yang unik dengan standar keamanan yang tinggi dan suasana penuh semangat yang mirip dengan rute perlombaan sepeda dunia Tour de France.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *