by

Lebih 3.000 Jiwa Penduduk Desa Kuta Terdampak Banjir, ITDC Salurkan Bantuan

KUTA MANDALIKA – Akibat hujan yang menimbulkan banjir di daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, sebanyak 997 kepala keluarga atau 3.163 jiwa di Desa Kuta yang berada di lingkar Mandalika terdampak.

Untuk ikut menanggulanginya, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia ( atau Indonesia Tourism Development Corporation selaku BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan Kawasan Ekonomi Khusus ( Mandalika/The Mandalika Lombok NTB, memberikan bantuan berupa beras sebanyak 175 kg, mie instan 35 dus, minyak goreng 15 dus, air mineral 30 dus, susu formula 10 dus, selimut 10 lembar dan terpal 3 unit.

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro dan diterima oleh Kepala Desa Kuta Mirate di Kantor Desa Kuta.

Sedangkan di Desa Rembitan, ITDC menyerahkan bantuan saluran beton (U Ditch) untuk membantu pembangunan jembatan yang terputus di Desa Rembitan. Kepala Desa Rembitan, Lalu Minaksa menyampaikan bahwa bantuan tersebut mempercepat perbaikan jembatan yang terputus dan telah selesai dibangun.  “Alhamdulillah jembatannya sudah tersambung lagi, dan sudah dapat dilewati kendaraan bermotor sehingga memudahkan akses para warga desa,” ujar Minaksa.

Guna mempercepat pemulihan wilayah yang terdampak banjir dan berada di sekitar The Mandalika, ITDC juga telah memberikan bantuan berupa penyediaan air bersih bagi warga desa penyangga dengan menggunakan truk tangki, mengerahkan tenaga kebersihan untuk membersihkan lumpur, serta membantu memangkas dan membersihkan pohon pohon yang tumbang di sekitar Kawasan.

Selain itu, Bram Subiandoro mengatakan bahwa secara umum kawasan The Mandalika dalam kondisi aman dan beroperasi dengan normal. Seluruh sistem drainase yang ada dalam kondisi baik dan berfungsi dengan normal sehingga genangan air dapat segera surut. ”Tidak mengganggu kegiatan operasional dan pekerjaan proyek pembangunan,” kata Bram.

Yang terdekat dari lokasi genangan banjir adalah plaza Kuta Mandalika dan kawasan perkantoran The Mandalika – ITDC yang berada di kompleks Masjid Raya Nurul Bilad. Sekitar satu kilometer ke arah timur adalah Jalan Khusus Kawasan yang dijadikan sirkuit MotoGP yang memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer meliputi 17 tikungan.

KEK Pariwisata Mandalika memiliki luas 1.175 hektar dan lima pantai Kuta, Serenting, Seger, Klui, Tanjung Aan di sepanjang 16 kilometer yang berhadapan dengan Samudra Indonesia. Di sana terdapat belasan hotel berbintang yang selesai dan sedang dibangun selain hotel melati yang berada di sentral Kuta Mandalika.

Menurut Bram Subiandoro, bantuan ini merupakan respon cepat wujud kepedulian ITDC dalam program bina lingkungan terhadap warga  yang tengah ditimpa musibah diharapkan dapat membantu warga untuk memenuhi kebutuhan primer yang mereka butuhkan. Bantuan yang disalurkan ini juga dipersiapkan sesuai den gan hasil koordinasi dengan aparat desa. Sebelumnya, ITDC telah bekerjasama dengan pemerintah daerah dan desa untuk pendataan jumlah warga yang membutuhkan bantuan dan jenis bantuan yang paling dibutuhkan dalam jangka pendek,” ucap Bram Subiandoro.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed