by

Layanan XL di Sukabumi Jawa Barat

SUKABUMI – Trafik pengguna layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkat di berbagai wilayah, termasuk di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Di wilayah tersebut, dalam dua tahun terakhir terjadi peningkatan trafik data hingga 88 persen. Guna menjaga kualitas jaringan data tetap prima dan sekaligus melayani permintaan pasar dari area-area baru, XL Axiata terus melakukan pembangunan jaringan, termasuk hingga ke pedesaan-pedesaan yang sebelumnya belum terjangkau.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan terus memantau wilayah-wilayah yang mengalami peningkatan trafik data secara signifikan, salah satunya Sukabumi ini. Kenaikan trafik yang terjadi didorong oleh semakin nyamannya pelanggan atas jaringan dan produk XL Axiata, serta terus bertambahnya pelanggan. ”Bahkan kami mendeteksi permintaan dari area-area baru,” katanya.

Karena itulah, pembangunan jaringan data ini kami terus lakukan baik untuk meningkatkan kualitas layanan di area yang terus mengalami kenaikan trafik, maupun ke area-area baru yang memiliki potensi besar.”

Menurut Sofia, saat ini jaringan XL Axiata di Sukabumi sudah menjangkau hingga 70 persen wilayah Sukabumi dengan jaringan 4G, terdiri dari 52 kecamatan, 38 kelurahan, dan 326 desa. Dalam setahun terakhir ini, XL Axiata telah menambah sekitar 109 BTS 4G. Total lebih dari 1.150 BTS yang kini tersebar, melayani lebih dari 400 ribu pelanggan.

Khusus di wilayah Kota Sukabumi, XL Axiata memiliki lebih dari 230 BTS, dengan jumlah BTS 3G/4G hampir mencapai 180 BTS. Jumlah tersebut meningkat sebesar 35 persen dibanding tahun lalu. Untuk Kabupaten Sukabumi, terdapat lebih dari 900 BTS, sebanyak lebih dari 630 BTS merupakan BTS 3G/4G, jumlah tersebut meningkat sebesar 33 persen dibanding tahun lalu.

Selain fokus melakukan pembangunan jaringan 4G, XL Axiata juga memperkuat layanan data dengan memperluas pembangunan jaringan kabel serat fiber optik yang jalurnya masuk hingga ke BTS-BTS di pelosok Sukabumi.

XL Axiata berharap dengan terhubungnya setiap BTS dengan kabel fiber optik dapat lebih meningkatkan kualitas jaringan dan tentunya secara otomatis akan memberikan kenyamanan lebih kepada pelanggan.

Pembangunan jaringan fiber optik terbaru di wilayah Sukabumi telah berhasil dilakukan pada 63 BTS yang saling terkoneksi. Terdapat sebanyak 37 BTS yang tersebar di wilayah Kota Sukabumi yang sudah terfiberisasi.

Di wilayah Kabupaten Sukabumi, sebanyak 26 BTS yang sudah terfiberisasi. Jumlah BTS yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di seluruh Sukabumi akan terus bertambah mengingat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan data seiring dengan pertumbuhan trafik yang signifikan.

Terkait dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Cikadang yang berada di Bukit Algoritma, Kecamatan Cikadang dan Cibadak yang direncanakan menjadi pusat pengembangan teknologi seperti Silicon Valley, XL Axiata siap mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan data. Saat ini di kawasan tersebut telah dibangun 11 BTS 4G, serta memperluas jaringan fiber optik.

Selain membangun jaringan, XL Axiata juga telah menyiapkan sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat Sukabumi untuk mendukung produktivitas mereka. Untuk produk unggulan prabayar, terdapat AXIS Bronet yang terkenal di kalangan anak muda, pilihan kuota mulai dari 3GB untuk masa aktif 60 hari dengan harga 15 ribu.

Pelanggan dapat menikmati beragam kuota bonus untuk edukasi, video conference, hingga Tiktok. Produk XL menawarkan paket Hotrod mulai dari 3 GB untuk masa aktif 7 hari dengan harga 10 ribu. Ada juga Xtra Combo Lite mulai dari 7 GB untuk masa aktif 30 hari dengan harga 25 ribu. Masyarakat dapat menikmati akses ke berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Line, Instagram, Youtube hingga Netflix.

Seluruh paket ini dapat diperoleh di lebih dari 1.000 toko pulsa yang tersebar di seluruh kecamatan di Sukabumi. Masyarakat pun dapat langsung mendatangi distributor resmi produk XL Axiata “PT. Prima Lintas Nusantara” di Jl. Pajagalan No.8 Ruko Danalaga Square, Kota Sukabumi. Kartu internet dari XL dan AXIS pun tersedia di berbagai supermarket, modern channel, hingga beragam marketplace lainnya.

Tak hanya itu, untuk memberikan layanan prima di masa pandemi saat ini, XL Axiata berinovasi menghadirkan XL Center online yang melayani bermacam keperluan pelanggan, dari mulai ganti SIM Card, pengaktifan kembali nomor kartu, migrasi dari nomor prabayar ke prioritas, hingga aktivasi nomor prioritas.

Dengan begitu, pelanggan tidak perlu keluar rumah dan mengunjungi gerai fisik XL Center untuk mengurus keperluan-keperluan tersebut. Layanan online ini sudah bisa dimanfaatkan oleh pelanggan sejak April 2020 dengan pengembangan layanan yang terus dilakukan sampai sekarang.

Untuk bisa memanfaatkan layanan XL Center online, pelanggan bisa mengakses website : www.xl.co.id/xlcenter, kemudian masuk ke layanan XL Center Online, input registrasi nomor XL yang sesuai dengan nomor E-KTP dan KK, input data pribadi seperti : alamat, nomor yang sering dihubungi, serta paket terakhir yang digunakan

Meskipun ada layanan online, sebagai salah satu sektor esensial, maka selama masa PPKM Darurat saat ini, gerai XL Center di Sukabumi juga masih beroperasional melayani pelanggan yang langsung datang secara fisik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. XL Center Sukabumi yang berlokasi di Ruko Danalaga Square, Kota Sukabumi beroperasional setiap hari Senin – Jumat (pukul 08.00 -17.00 WIB) dan Sabtu (pukul 08.00 – 13.00 WIB).

Sebagai bagian dari masyarakat Sukabumi, XL Axiata juga telah mendukung penyaluran kuota data untuk layanan Pembelajaran Jarak Jauh sejak tahun lalu. Selain itu, sejak Januari 2019 hingga Maret 2020, XL Axiata telah menyalurkan bantuan cepat tanggap saat terjadi bencana alam di Sukabumi, antara lain saat terjadi banjir dan longsor serta gempa bumi yang melanda di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed