by

Layanan Sentra Vaksin XL Axiata di Kampus UI

DEPOK – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meninjau aktivitas vaksinasi anti Covid-19 di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Depok, yang diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Pusat penyuntikan vaksinasi ini beroperasi sejak Maret 2021 lalu, dan terus diperpanjang hingga akhir Juli 2021.

Pada kunjungan ini, Joko Widodo menyaksikan langsung penyuntikan vaksinasi kepada warga lanjut usia dengan KTP Nasional beserta pendamping. Turut mendampingi dalam kunjungan ini antara lain Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D   dan Direktur RSUI dr. Astuti Giantini.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan,  Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit telah melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 kepada lebih dari 31 ribu orang. Selain warga lanjut usia, 60 tahun ke atas, vaksinasi juga sudah diberikan kepada kalangan pengajar dan dosen, relawan, SDM Kesehatan, serta pelayan publik seperti pekerja angkutan umum, baik ojek maupun pengemudi angkot.

Dalam sehari, di sentra vaksinasi ini mampu melakukan penyuntikan hingga 1.000 orang. Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit sejauh ini bisa ikut membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemic Covid-19. ”Kami sangat senang,” kata Dian Siswarini.

Joko Widodo menyempatkan diri melihat vaksinasi baik yang dilakukan secara drive thru di Gedung Parkir RSUI, maupun secara walk-in yang berlangsung di dalam RSUI. Ia juga terlihat  berbincang dengan warga yang menerima vaksinasi, tenaga medis yang melakukan vaksinasi, dan RSUI sebagai salah satu pihak penyelenggara Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit.

Proses vaksinasi yang berlangsung di RSUI tersebut dilaksanakan sesuai dengan arahan pemerintah di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan dan institusi yang berwenang lainnya.

Untuk mempermudah para lansia memperoleh layanan ini, Pemerintahan Kota Depok juga melakukan program antar jemput lansia dari berbagai kecamatan. Untuk kelancaran pelaksanaanya, setiap hari sentra vaksinasi ini mendapatkan dukungan oleh lebih dari 130 relawan, termasuk di dalamnya dokter, perawat, petugas keamanan, dan administrasi.  Mereka berasal dari Ikatan Alumni UI, karyawan XL Axiata dan tenaga medis RSUI.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit juga mendapatkan dukungan dari sejumlah mitra XL Axiata, yakni Benihbaik.com, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita. Selain itu, dukungan juga datang dari Dinas Kesehatan Kota Depok, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Depok, serta Ikatan Alumni UI.

Warga yang ingin mengikuti vaksinasi wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI. Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari (kedatangan maksimal pukul 13.00 WIB).(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed