by

Layanan Premium untuk Penumpang di Bandara Lombok

MATARAM – Menjelang keramaian seri penutup World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika, 19 – 21 Nopmeber 2021 mendatangm anak perusahaan PT Angkasa Pura I (AP I) – PT Angkasa Pura Hotels (APH) membuka layanan Premium Airport Special Services(PASS) di Bandara Internasional Lombok, Ahad 24 Oktober 2021.

Layanan hospitality yang ditawarkan APH ini adalah guna meningkatkan pariwisata di Lombok bekerja sama dengan Perhimpunaan Hotel dan Restoran Indonesia dan Asosisa Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA). ”Karena di sini pariwisatanya luar biasa,” kata Direktur Operasi PT Angkasa Pura Hotel Imron Qodari, di depan pintu Keberangkatan – BIL, Ahad 24 Oktober 2021 siang..

Layanan PASS ini merupakan salah satu pengembangan produk bisnis APH dalam rangka mendukung pengembangan perjalanan maupun destinasi wisata di Indonesia. Layanan PASS akan memberikan kemudahan bagi para penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok. ”Potensi bisnisnya di sini sangat baik. Penumpamg tinggal duduk nyaman menunggu proses keberangkatan maupun kedatangannya,” ujarnya

PASS akan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang bandara berupa check-in assistance, baggage handling & wrapping, escort service for custom & imigration clearance, dan executive lounge service, serta pendampingan ke layanan pemeriksaan kesehatan di bandara untuk uji rapid test antigen atau RT-PCR bagi para penumpang yang belum memiliki dokumen kesehatan sebagai persyaratan penerbangan.

Menurut Imron, seluruh proses tersebut dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Layanan PASS ini merupakan inovasi APH yang menargetkan para penumpang pesawat yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan di bandara.

Layanan PASS ini juga dikombinasikan sesuai kebutuhan penumpang, seperti layanan lounge serta transportasi darat, dimana APH telah menjalin kerjasama dengan para mitra operator transportasi yang beroperasi di Bandara Lombok.

Untuk menikmati layanan PASS, dapat dilakukan secara offline dengan melakukan reservasi di counter yang tersedia di area keberangkatan Bandara Lombok. Pemesanan juga dapat dilakukan secara online melalui www.premium-pass.id.

Selain itu juga bisa memesannya melalui aplikasi perjalanan Traveloka. “Berbagai cara reservasi ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan dan pembayaran layanan PASS ini,” ujar Imron.  BIL adalah bandara ke-8 dari 14 bandara yang dikelola AP I. Yaitu Banjarmasin, Makassar, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaaya dan Bali. Untuk hotel yang dimiliki APH adalah Novotel Bali, Hotel Ibis Makassar, Hotel Ibiss Surabaya, Cordia Hotel di Yogyakarta dan Banjarmasin.

General Manager Bandara Internasional Lombok (BIL) Nugroho Jati  menyatakan mendukung upaya APH melalui layanan PASS ini. ”Khususnya dalam membantu memberikan pelayanan terbaik dalam hal hospitality kepada para pengguna jasa di Bandara Lombok,” ucapnya

Setelah melandainya Covid-19, setelah PPKM dilonggarkan perkembangan penumpang yang datang dan pergi cukup besar. Dari 18 penerbangan di BIL, sudah terjadi peningkatan arus penumpang seharinya 3.500 orang. Semula Juli – September 2021 sebanyak 2.500 orang.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed