by

Kursus Bahasa Inggris Menjelang MXGP di Samota

MATARAM – Memiliki kemampuan berbahasa inggris menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh masyarakat. Terlebih di tengah maraknya event internasional yang digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Karena itu, Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya menggodok kemampuan berbahasa Inggris masyarakatnya. Melalui Rumah Bahasa kursus bahasa Inggris gratis disediakan bagi masyarakat yang berminat.

Khusus menjelang perhelatan bergengsi event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota, Rumah Bahasa akan bekerjasama dengan PT. Cerdas Digital Nusantara (CAKAP), sebuah perusahaan digital, untuk menyelenggarakan kursus bahasa Inggris kepada sekurangnya 5.000 peserta daring secara daring.

CAKAP adalah perusahana digital yg menyediakn layanan pelatihan bahasa asing ( inggris, chinis, korea, jepang, dan indonesia) CAKAP akan mengadakan pelatihan berbahaasa asing yang akan diberikan untk sektor pendidikan,  pariwisata, UKM dan  tenaga  kerja lainnya.

“Program ini secara teknis akan dikolaborasikan dan disinergikan dengan program pelatihan bahasa asing yang ada di rumah bahasa,” kata Koordinator Rumah Bahasa Siti Rauhun bersama Tim CAKAP selesai bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah di Mataram, Rabu 13 April 2022.

Lebih detailnya, Siti Rauhun menjelaskan, CAKAP datang ke NTB berencana untuk berkolaborasi dengan Rumah Bahasa. “Karena Rumah Bahasa tahun ini mode kelas yang kita berikan adalah kelas intensive (face to face) selama 1 – 2 bulan. Sedangkan CAKAP ini memberikan kelas secara daring atau online,” ujar Siti Rauhun.

Menurut Siti Rauhun, tahun ini terkait pelatihan Rumah Bahasa yang di Sumbawa diadakan kelas TOEFL dan ESP (English for spesific purpose) Tourism. Kemudian untuk kelas TOEFL sama dengan Kabupaten/kota lain di NTB kuota yang berikan maksimal dua kelas.

Sedangkan untuk kelas ESP tahun ini diberikan kuota lebih banyak untuk Sumbawa yaitu sekitar empat kelas, karena mengingat persiapan untuk gelaran internasional MXGP.

Saat ini Rumah Bahasa sendiri tengah mengadakan open recruitment peserta tahun 2022 sejak 7 Maret sampai 30 April nanti. Rumah Bahasa menjaring peserta baik dari Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed