by

Kurangi Pengangguran Tarik Wisatawan Ke Pantai Serpik

LEMBAR LOMBOK BARAT – Semula warga desa Lembar hanya bergantung dari pekerjaan pertanian dan nelayan saja. Jalan masuk yang ada di sana sekitar empat kilometer adalah jalan provinsi yang tidak bagus kondisinya. Untuk mengangkat ekonomi masyarakat, mereka ingin membangkitkan pariwisata. Sebab, di sana memiliki dua pantai Serpik di Dusun Kebon Bongor dan pantai Rindu di dusun Buncit memiliki potensi dikunjungi wisatawan.

Menurut Kepala Desa Lembar Sainah, dari tujuh dusun diantaranya ada dusun terbersih Dasan Daya, terdapat dua pantai di desanya yang hendak dijadikan sumber ekonomi baru warganya. ‘’Kami ingin mengurangi pengangguran. membuka lapangan kerja baru dari semula mengandalkan pertanian dan laut,’’ kata Sainah, Selasaa 1 Agustuss 2023 siang.

Dikatakannya, satu diantaranya keindahan pantai Serpik di Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) belum banyak yang mengetahui. Pantai yang membujur panjang dari utara ke selatan ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik dan ombak yang tenang. Apalagi kala senja, sunset terlihat sangat indah di pinggir pantai. Jaraknya sekitar 10 kilometer atau 15 menit dari Giri Menang Gerung – ibukota Lombok Barat.

Untuk memperkenalkan Pantai Serpik kepada wisatawan domestik dan mancanegara, para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Gerbang Sasak Kecamatan Lembar bersama Dinas Komunikasi Informasi Statistik (Diskominfotik) Lobar menggelar atraksi seni tradisional Sasak bertajuk “Gebyar Gerbang Sasak Sejelo Bekesenian”. Para pemuda merangkul para pelaku seni dan budaya tradisional seperti Peresean (adu ketangkasan main pukulan rotan), Gendang Beleq, Cilokak dan kesenian tradisional lainnya untuk tampil di pantai Serpik. Kegiatan ini dilaksanakan Ahad 30 Juli 2023 lalu di pesisir Pantai Serpik Lembar.

Atraksi seni tradisional ini pun sangat bisa mendatangkan ribuan pengunjung untuk menikmati indahnya pantai Serpik sekaligus menikmati kesenian tradisional Sasak. Selain itu para wisatawan juga disuguhkan oleh sunset yang sangat eksotik di pinggir pantai Serpik sambil menyaksikan unjuk kebolehan dari masing masing Pepadu (petarung) dalam peresean.

Diiringi tabuhan Gendang Beleq para pepadu bertarung dengan menggunakan rotan dan perisai untuk menjadi juara. Para pengunjung sangat seru dan riuh menyaksikan pertarungan para pepadu sambil menikmati indahnya sunset dipinggir pantai Serpik.

Menurut Ketua Karang Taruna Gerbang Sasak Kecamatan Lembar Fauzan, pantai Serpik dengan ombak yang begitu tenang memiliki pesona alam yang luar biasa. Namun pantai ini belum dikelola dan dipromosikan dengan baik sehingga belum banyak dikenal orang. Karenanya Karang Taruna Gerbang Sasak bersama Diskominfotik Lobar dan Kepala Desa Lembar Sainah berkolaborasi untuk mengelar atraksi seni tradisional Sasak untuk menarik minat wisatawan dalam negeri dan asing berkunjung ke Pantai Serpik.

Ini murni inisiasi dari para pemuda dan kolaborasi berbagai pihak. ‘’Kami menggunakan atraksi seni tradisional untuk menarik minat wisatawan sekaligus untuk melestarikan seni dan budaya tradisional” katanya.

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid yang hadir dalam atraksi seni tradisional Sasak ini mengatakan bahwa pantai Serpik ini sangat indah dan mempesona. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung pengembangan pantai ini. Bahkan kedepannya akan menyelenggarakan even skala nasional di pantak Serpik ini.

Ia juga mengapresiasi inisiatif para pemuda yang berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan pantai serpik dan seni tradisional sasak. “Pantai Serpik ini sangat luar biasa dan mempesona. Garis pantainya membentang panjang dan sunsetnya indah sekali, ” ujarnya.

Kegiatan atraksi seni dan budaya tradisonal Sasak ini dihadiri oleh ribuan pengunjung. Mereka menikmati indahnya pantai Serpik sambil mandi di pantai, menyaksikan atraksi seni dan budaya serta menikmati Indahnya sunset. Sebelumnya para pemuda dan kepala desa juga teleh menggelar even bau keke di pantai ini. Kegiatan ini dilakukan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke pantai yang sangat indah ini.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *