by

Kunjungan Inisiatif Presiden Jokowi di Sirkuit Mandalika

MANDALIKA – Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer focus menyiapkan penyelenggaraan tes pra musim, MotoGP bulan Februari – Maret 2022. Pembenahan dan perbaikan di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang menjadi syarat dan prasyarat homologasi menjelang MotoGP 2022 terus dikerjakan. ‘’Dengan adanya kunjungan Presiden, kami semakin bersemangat dalam mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya,.” kata Abdulbar M Mansoer melalui keterangan pers yang diterima Tempo, Jum’at 14 Januari 2022 pagi.

Beberapa pekerjaan proyek yang saat ini tengah disiapkan oleh ITDC, antara lain menambah kapasitas penonton sejumlah lebih dari 50.000 seats yang ditargetkan selesai pada bulan Maret 2022 sebelum perhelatan MotoGP berlangsung. Kapasitas penonton ini lebih banyak dibandingkan WSBK 2021 guna mengantisipasi animo penonton yang tinggi terhadap event balap berkelas dunia ini.

Selain mengerjakan sejumlah pekerjaan proyek, ITDC Group juga tengah menyiapkan sejumlah kebutuhan utilitas pendukung penyelenggaraan MotoGP antara lain penyediaan air bersih dengan volume 4.800 m3, suplai tenaga listrik untuk sirkuit sebesar 5,19 KVa, penguatan kapasitas ICT mencapai 1.000 Mbps pada hari balap.

Sebelum meninjau The Mandalika, Presiden Joko Widodo telah melaksanakan simulasi pelaksanaan event MotoGP mencakup persiapan kedatangan kru balap, pembalap, serta penonton, penerapan protokol kesehatan, simulasi loading unloading barang, kesiapan transportasi, dan akomodasi. Disamping itu, kunjungan ini dilaksanakan juga untuk meninjau penataan lansekap dari Bandara International Lombok menuju The Mandalika.

Abdulbar M Mansoer menyatakan optimistis persiapan akan berjalan dengan baik dan siap menyelenggarakan MotoGP pada Maret mendatang. Ia percaya event MotoGP adalah sebuah event yang penting karena dapat menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional serta memberikan multiplier effect yang dapat dinikmati masyarakat. ‘’Selain itu, event ini juga akan menunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu menyelenggarakan dan menjadi tuan rumah sebuah event internasional berskala besar di tengah masa adaptasi kebiasaan baru ini,” ujarnya Abdulbar.

Presiden Joko Widodo mengunjungi Mandalika didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah

Dalam kunjungan yang merupakan inisiatif Presiden ini, rombongan Presiden mengunjungi sejumlah lokasi di The Mandalika, antara lain Pertamina Mandalika International Street Circuit, Bukit 360, Kuta Beach Park, dan Bazaar Mandalika. Selama kunjungan, Presiden mendapatkan pemaparan mengenai progres persiapan yang telah dilakukan oleh ITDC Group bersama pihak-pihak terkait dalam menyambut perhelatan MotoGP pada Maret 2022 nanti.

Abdulbar M. Mansoer mengatakan kunjungan Presiden Jokowi ke The Mandalik, Kamis 13 Januari 2022 kemarin menunjukkan dukungan dan atensi yang luar biasa terhadap kesiapan kami dalam menggelar event akbar tersebut. Selain itu, kunjungan ini juga menunjukkan besarnya dukungan Kementerian dan Lembaga dalam mempersiapkan event baik dari sisi fasilitas fisik maupun organisasi. Hal ini sesuai arahan dari Bapak Presiden agar persiapan dapat dilakukan dengan baik sehingga event MotoGP dapat berjalan dengan sukses.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed