by

KSP Moeldoko Pastikan Bandara Internasional Lombok Selesai Sebelum MotoGP

LOMBOK TENGAH – Penyelesaian pengembangan Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) akan dikawal oleh Kepala Staf Kepresidenam Moeldoko. Seebagai salah satu proyek strategis nasional (PSN) dikatakan siap operasional sebelum perhelatan MotoGP.

Moeldoko memastikan penyelesaian BIL tersebut sewaktu melihat perkembangannya, Senin 7 Juni 2021 siang. ”Kami kawal timeline dan target penyelesainnya,” katanya. KSP telah melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin serta verifikasi lapangan pada Oktober 2020.

Selain merupakan PSN sesuai dengan Perpres Nomor 109 tahun 2020, proyek tersebut juga dilaksanakan bukan hanya untuk nama baik PT Angkasa Pura I (Persero). Tapi untuk nama baik negara. ”Karena bandara ini merupakan pintu gerbang utama Indonesia dalam menyambut kedatangan wisatawan mancanegara,” ujar Moeldoko.

Moeldoko yang didampingi Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta juga menambahkan, KSP telah berkoordinasi dengan Angkasa Pura I dan Kementerian PUPR terkait jalan bypass Bandara Internasional Lombok – Mandalika yang mengenai lahan di kawasan bandara.

Febry Calvin Tetelepta menyebutkan pengembangan Bandara Internasional Lombok tidak hanya bermanfaat untuk mendukung penyelenggaraan Super Bike dan MotoGP. “Tetapi juga untuk menunjang aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat,” ucap Febry.

Direktur Utama Angkasa Pura Faik Fahmi mengatakan, pengembangan bandara ini dilakukan untuk mendukung penuh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang menjadi lokasi penyelenggaraan Super Bike dan MotoGP serta pengembangan pariwisata Lombok dan NTB secara umum.

Adanya pengembangan ini, nantinya kapasitas terminal Bandara Internasional Lombok akan menjadi dua kali lipat dari yang ada saat ini, dari 3,25 juta penumpang per tahun menjadi 7 juta penumpang per tahun.

Proyek pengembangan Bandara Internasional Lombok ini menelan investasi sekitar Rp1 triliun.  Selain memperluas terminal dan fasilitas penunjangnya serta merenovasi terminal eksisting, pengembangan bandara dilakukan pula dengan memperpanjang dan meningkatkan daya dukung landas pacu (runway), memperluas apron sisi barat, mengembangkan fasilitas kargo, serta memperluas area parkir penumpang dan penataan pengunjung bandara (waving gallery).

Runway Bandara Internasional Lombok saat ini sedang dilakukan penambahan panjang dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter serta ditingkatkan daya dukungnya sehingga mampu mendukung operasional pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 777 dan pesawat kargo logistik MotoGP.

Sedangkan melalui proyek perluasan apron sisi barat akan meningkatkan kapasitas parkir pesawat dari 18 pesawat narrow body dan 4 pesawat wide body saat ini menjadi mampu menampung 18 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.

Untuk pengembangan fasilitas kargo, luas pelataran terminal kargo akan diperluas dan dibangun akses jalan menuju jalan bypass yang terpisah dengan akses jalan umum ke terminal penumpang. Hal ini akan mendukung kecepatan pengangkutan kargo dari bandara menuju Sirkuit MotoGP Mandalika dan sebaliknya,” kata Faik Fahmi.

General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati menjelaskan bahwa akses jalan tersebut akan mendukung kecepatan pengangkutan kargo dari bandara menuju Sirkuit MotoGP Mandalika dan sebaliknya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed