by

KMP Mutiara Timur I Terbakar Di Utara Bali

KARANGASEM — Kapal penumpang, KMP Mutiara Timur I terbakar di Perairan Utara Karangasem koordimat 08°20’298″S – 115° 41’641″E,  sekitar 0,9 NM dari daratan, Rabu 16 November 2022. Basarnas Bali tau Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menerima informasi dari VTS Beno pada pukul 15.30 WITA.

Kapal dengan rute Ketapang Banyuwangi – Lembar Lombok Barat tersebut diperkirakan mengalami kebakaran sekitar pukul 15.00 Wita. “Di tempat kejadian kapal terbakar, kebetulan unsur SAR terdekat ada Kapal Angkatan Laut Kadet 6 dan Kapal Angkatan Laut Kadet 7, dan segera melaksanakan evakuasi,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada.

Setelah menerima laporan kejadian, Basarnas Bali mengerahkan 1 unit RIB dari Pos SAR Karangasem dan 1 unit RIB dari Unit Siaga SAR dari Nusa Penida, KN SAR Arjuna 229.

Darmada menegaskan bahwa tim SAR gabungan fokus pada upaya evakuasi POB, untuk kronologis kejadian dapat dikonfirmasi kepada pihak terkait. Awalnya POB yang sudah terevakuasi dengan RIB ataupun jukung nelayan dibawa ke Kapal Angkatan Laut, selanjutnya dibawa ke Dermaga Angkatan Laut Tanjung Wangi, Banyuwangi.

“Terakhir kami komunikasi dengan kapten kapal terkonfirmasi jumlah penumpang dan ABK yang semula 271 orang, ternyata menjadi 258 orang, dimana ABK berjumlah 24 dan sisanya 234  orang penumpang,” ujarnya.

Unsur SAR yang terlibat selama operasi SAR berlangsung yakni ABK KAL KADET – 6, ABK KAL KADET – 7, Basarnas Bali, ABK KN Marore – 322, Polair Polres Karangasem, BPBD Kabupaten Karangasem, Stasiun Bakamla Bali, RAPALA Karangasem, Balawista Karangasem serta nelayan setempat. (*)