by

Khataman Qur’an untuk Ultah Lombok Barat ke 64

GERUNG – Hari ini, Ahad 17 April 2022, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menjalani peringatan ulang tahun ke-64. Mengawalinya, dalam suasana bulan puasa Ramadhan, dilakukan dengan Khataman Al-Qur’an. Ini menandai Lombok Barat sebagai daerah reiligius yang dipenuhi pondok pesantren selain dikenal sebagai daerah kaya destinasi wisata.

Sabtu, 16 April 2022 kemarin, di Bancingah Agung Kabupaten Lombok Barat diadakan kegiatan Khataman Al Qur’an ini menghadirkan 30 hafiz dari pondok pesantren Se- Kabupaten Lombok Barat. Khataman yang rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari secara non stop ini diawali dengan shalat isya dan tarawih di Bencingah Agung (semacam pendopo dari etnis Sasak) Kabupaten Lombok Barat.

Pembukaan Khataman Qur’an dihadiri oleh pejabat Kabupaten Lombok Barat, tuan guru, tokoh  agama dan tokoh masyarakat serta masyarakat luas yang khusus hadir untuk menyaksikan lantunan ayat ayat suci al qur’an.

Kegiatan Khataman Al Qur’an ini akan dilaksanakan selama 2 hari 16-17 April 2022 hanya jeda saat sahur dan salat. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Lobar ke 64. Kegiatan ini juga disiarkan melalui kanal Youtube di seluruh masjid di Kabupaten Lombok Barat. Masyarakat juga dapat mengikuti kegiatan ini melalui siaran langsung Youtube Media Center Lombok Barat dan GM (Giri Menang) TV Lombok Barat yang disiarkan secara langsung oleh Diskominfotik dari Bencingah Agung Kabupaten Lombok Barat.

Sekretaris Daerah Lombok Barat Baehaqi yang menjadi ketua panitia mengatakan bahwa sesuai dengan surat keputusan bupati Nomor 128.45/582/8/2022 tentang pembentukan panitia penyelenggaraan HUT LOBAR ke 64 dan Surat Edaran Bupati  Nomor 603/229/HUT tentang pelaksanaan khataman Al-Qur’an dalam rangka HUT LOBAR ke 64. ‘’Maksud dan tujuan diselenggarakannya adalah untuk menumbuhkembangkan minat baca dan memahami isi kandungan Al-Qur’an ke pada seluruh masyarakat di Kabupaten Lombok Barat,’’ katanya.

Selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan agar terciptanya kondisi aparatur Kabupaten Lombok Barat yang kolaboratif, inovatif dan  produktif. Baihaqi juga mengatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan agar semua masyarakat Lombok Barat untuk terus mengedepankan semangat persatuan dan kebersamaan dalam pembangunan. ‘’Selain itu kegiatan ini juga diharapkan agar masyarakat. Lobar memperoleh rahmat dan berkah untuk selalu bersatudalam pembangunan,’’ ujarnya.

Bupati Lobar Fauzan Khalid menjelaskan bahwa khataman Al-Quran ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ia mengatakan bahwa tradisi khataman Al Qur’an akan tetap dilaksanakan oleh Pemda bersama masyarakat dalam berbagai kesempatan. ‘’Hal ini karena pembacaan ayat suci Al Qur’an ini memberikan ketenangan dan kedamaian bagi masyarakat.’’ ucapnya

Selain itu khataman Qur’an ini juga memberikan semangat dan spirit yang kuat dalam pembangunan. “Kegiatan ini menjadi tradisi bagi Lombok Barat agar kita tetap memperoleh ramah dan berkah dari Allah SWT dalam setiap langkah dan gerak kita dalam pembangunan” katanya..

Bupati Fauzan juga berharap agar Khataman Al Qur’an ini menjadi semangat dan spirit baik dikalangan masyarakat khususnya generasi muda. Dengan khataman qur’an ini ia berharap agar generasi muda memiliki bekal dan modal serta kekuatan moral dan spiritual sehingga terhindar dari berbagai masalah sosial di masyarakat. “Dengan cinta al qur’an saya yakin generasi muda akan kuat dan kokoh dalam moral sehingga dapat membentengi diri dari berbagai aktivitas negatif. Membangun generasi muda harus dimulai dengan penguatan mental dan moral” ujarnya.

Kegiatan puncak harri ulang tahun akan dilaksanakan pada Ahad 17 April 2022 sore. Kegiatan ini akan dirangkai dengan peresmian proyek pembangunan, Dekalarasi utk mewujudkan PAM RT (Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga) melalui 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). 5 Pilar STBM meliputi: Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PSRT), dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT).(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed