by

Kesiapan MXGP di Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat

MATARAM – Kejuaraan Dunia MotoCross GrandPrix (MXGP)  yang akan berlangsung di kawasan Samota Sumbawa 24 – 26 Juni 2022 mendatang,  Pemerintah Kabupaten Sumbawa sudah menyiapkan lahan sirkuit seluas 50 hektar.

Saat ini sedang menunggu final desain dari konsultan Infront sebagai pemilik MXGP. ‘’Insya Allah, final desain 2-3 hari lagi sudah selesai dan langsung dilakukan pembangunan sirkuit,’’ kata Komandan Lapangan yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Ridwan Syah  secara tertulis, Rabu 20 April 2022 siang.

Luas sirkuitnya sekitar 15 hektar, sisanya 35 ha untuk fasilitas penunjang. Seperti apa bentuk sirkuitnya, masih menunggu kiriman dari Infront.  Daya tampung penonton sekitar 50.000 -100.000 orang. Bentuk model amphitheater penonton dibagi dengan beberapa kelas, Festival, Tribun, dan VIP

Menurutnya, panjang sirkuit 1.800 m akan dikerjakan sekitar paling lambat sebulan atau rampung minggu ketiga bulan Mei 2022. Lokasinya sekitar delapana kilometer arah timur dari Bandara Sultan M Kaharudin III di kota Sumbawa Besar.

Dikatakan bahwa yang harus disiapkan untuk menyelenggarakan MXGP  selain menyiapkan sirkuit dan fasilitas penunjangnya, adalah menyiapkan transportasi, akomodasi, logistik, penanganan kesehatan. Termasuk kita juga harus menyiapkan UMKM supaya event ini memberikan manfaat yg maksimal untuk menggerakkan ekonomi di daerah. Setidaknya ada 300 UMKM sedang disiapkan.

Ada 2 jenis lomba, yaitu kelas MX dan kelas MX2.  MX sekitar 450 CC, dan MX2 250 CC.

Pesertanya yang akan datang dari 20 negara, terdiri dari 20 tim MX dan 20 MX2, masing – masing 40 orang dengan total pembalap 80 orang. Ada kemungkinan tambahan peserta wild card dari lokal. Total jumlah pembalap dan crewnya diperkirakan 400-500 orang.

Kesiapan Bandara Sultan M Kaharudin III didarati pesawat badan lebar sebagai penunjang transportasi utama para pembalap dan logistiknya, untuk meningkatkan kapasitas bandara Sultan M Kaharudin, Kementrian Perhubungan akan menyiapkan anggaran sekitar Rp 24 M untuk penambahan ketebalan runway (overlay 5 cm). ‘’Saat ini sedang dalam proses dan Insya Allah dalam waktu dekat segera dibangun,’’ ujarnya.

Dengan adanya penambahan ketebalan tersebut, diharapkan bandara bisa didarati pesawat erbadan lebar dengan sedikit pembatasan beban maksimum

Selama tiga hari berlangsung MXGP, 24 – 26 Juni itu kegiatan lombanya meliputi 24: Scruut (Check motor) dan jika masalah wild card oleh FIM kemungkinan besar akan dilaksanakan Quality Time Trial (QTT) wild card. 25:Juni 2022 dilakukan  Full QTT untuk MX dan MX2 untuk penentuan posisi start. Tanggal 26: Full Race MX dan MX2

Selasa 19 April 2022 kemarin, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menemui Direktur Pelindo Boy Robyanto di Jakarta Ini kaitannya dengan rencana perbaikan Pelabuhan Badas di Sumbawa.  Sehingga layak untuk pendaratan logistik MXGP serta tempat bersandarnya hotel terapung. ‘’Untuk akomodasi para penonton MXGP yang berasal dari luar daerah,” kata ucap Zulkieflimansyah melalui rilisnya Rabu, 20 April 2022 siang.

Ia menyebutkan bahwa menyelenggarakan event internasional memanglah tidak mudah. Namun, ia optimis dan mengajak seluruh pihak untuk melakukan berbagai perubahan sebagai bentuk penyesuaian.“Event internasional tidak mudah kita lakukan, tapi kita harus tetap melakukan banyak perubahan dan perbaikan. Rumah sakit, bandara, pelabuhan, listrik, telemomunikasi, jalan, perhotelan, homestay, sentra UKM, pusat kuliner, EO dan lain-lain harus berubah untuk melakukan penyesuaian,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ridwan Syah menyampaikan bahwa diperbaikinya Pelabuhan Badas menjelang MXGP Samota ditujukan agar Pelabuhan Badas siap menjadi pelabuhan utama untuk kebutuhan logistik dan penumpang dari event MXGP.

“InsyaAllah Pelabuhan Badas sebagai pelabuhan utama untuk logistik dan penumpang MXGP 2022 akan segera dibenahi dan dipoles menyambut tamu yang hadir pada bulan Juni,” ujar Ridwan Syah.

MXGP sendiri merupakan salah satu ajang balap Motocross paling elit di dunia yang berada di bawah naungan Federation Internationale de Motorcyclisme. Sedangkan, MXGP Samota merupakan salah satu seri dari MXGP 2022 yang akan diselenggarakan di Samota, Kabupaten Sumbawa, NTB pada tanggal 24 hingga 26 Juni mendatang.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed