by

Kesiapan MGPA Menjelang WSBK

KUTA MANDALIKA – Test pra musim MotoGP akan berlangsung di Srikuit Mandalika, 11 – 13 Februari 2022. Di sini akan ditentukan segala kesiapan para pebalap hingga fasilitas motor balap yang akan digunakan selama semusim mendatang.

Sebagai sirkuit baru yang memiliki standar A Internasional, test pra musim akan menguji segala kemampuan pebalapnya, helm dan pakaian pebalap dan onderdil. Sebagai sirkuit yang dijuluki oleh Doorna sebagai sirkuit super save,  test pra musim ini akan menentukan hasilnya yang akan digunakan selama semusim.

”Test pra musim ini yang paling menarik,” kata Direktur Stategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association Happy Harinto kepada wartawan sewaktu silaturahmi dengan wartawan di Resto & Bar Taku Hotel Puri Rinjani, Senin 27 September 2021 sore.

Setelah tes pra musim di Mandalika ini mereka akan memulai balapan pertamanya di Qatar.dan setelaha itu akan bertarung kedua kalinya di Mandalika, Maret 2022. Sebelumnya, 19 – 21 November 2021 di Mandalika diselenggarakan seri penutup World Super Bike (WSBK).

Adanya balapan ini setidak-tidaknya akan menghadirkan sebanyak 1.200 orang pebalap, crew mekanik dan juga awak media yang berperan diselenggarakannya MotoGP di Mandalika International Street Circuit atau Jalan Kawasan Khusus Mandalika.yang dijuluki sebagai speed lap karena kecepatan tinggi sehinggaa karakternya lajunya kecepatan motor flowing mengalir terus hanya tiga kali mengerem.

Memiliki kapasitas tampung penonton secara langsung 168 ribu orang namun kuota masih harus menunggu penetapan pemerintah untuk protokol kesehatan, dan ditonton melalui melalui layar televisi oleh 1,6 juta orang di 207 negara, Happy Harinto mengaku diuntungkan komenter Mick Doohan yang menyebutkan sulit membedakan antara balapan dan liburan di Sirkuit Mandalika ini. ”Itu kampanye yang baik. Plesiran dapat. Punya value yang tinggi,” ujarnya.

Happy Harinto yang juga Wakil Ketua Umum IMI untuk bidang interasional event IMI mengatakan hadirnya sirkuit motoGP di Mandalika ini memang demi pariwisata. Hanya dalam waktu 1,5 tahun pembangunan sirkuitnya ini adalah tercepat di dunia. ”Alhamdulillah bisa tercepat pembangunan sirkuit ini. Untuk meningkatkan pariwisata,” ucapnya.

Mengenai dukungan penjualan cindera mata khas Lombok seerti anyaman tas dan ketak, topi anyaman, kain tenunan, mutiara, perak sudah ditetapkan langsung oleh Doorna selaku penyelenggara MotoGP.

Tidak hanya itu, juga dilakukan rekrut 300 orang marshal oleh Fédération Internationale de Motorcyclisme (FIM) untuk bertugas selama penyelenggaraan balapan yang dinilai mampu tramspil dan berbahasa Inggris.

Untuk menyambut kehadiran pebalap ini, Bandara Internasional Lombok sudah perpanjang landas papcu dari semula 2.700 meter  menjadi 3.300 meter. Sehingga mampu didarati pesawat berbadan lebar B 747 atau 777.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed