by

Kerja Sama XL Axiata – NTT Ltd

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama dengan NTT Ltd. untuk membangun infrastruktur teknologi  informasi (TI) berbasis private cloud.

Kerjasama  ini akan membantu XL Axiata untuk mempersiapkan ekosistem teknologi informasi secara menyeluruh, termasuk juga mendukung perusahaan dalam menyiapkan ekosistem 5G.

Menurut Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, untuk penerapan jaringan layanan 5G, dibutuhkan kesiapan yang matang, baik dari segi aringan dan juga ekosistem pendukung yang kuat. ”Kerja sama dengan NTT ini merupakan bagian dari upaya kami   untuk memperkuat sistem yang kami miliki.” katanya.

CEO NTT Indonesia Solutions Hendra Lesmana menyatakan bahwa pihaknya memiliki hubungan yang baik dengan banyak penyedia teknologi. Untuk itu, NTT optimis akan mampu memberikan dukungan maksimal kepada XL Axiata dalam usaha menyatukan infrastruktur berbasis cloud. “Kami senang mendapat kepercayaan dari XL Axiata ini,” ujarnya

Sebagian besar klien – klien NTT Ltd memiliki tujuan mempercepat migrasi  cloud  untuk transformasi digital, tetapi banyak di antaranya terkendala dengan kompleksitas konsolidasi infrastruktur lama mereka dan desakan persaingan pasar yang ketat dalam lanskap telekomunikasi saat ini.

Menurut Hendra, dengan mengintegrasikan solusi dari VMware, Cisco, F5, Check Point, Dell, Veeam, dan McAfee ke dalam satu solusi infrastruktur TI terpadu berbasis  cloud, NTT mengkonsolidasikan komponen dari ujung ke ujung, seperti server, penyimpanan data, jaringan dan keamanan.

Dengan begitu XL Axiata dapat mempercepat kelincahan layanannya, serta menyederhanakan konfigurasi jaringan dan keamanan untuk mempertahankan dominasi pasar dan kepemimpinan jaringan yang kuat.

Solusi yang dibangun oleh NTT juga memungkinkan XL Axiata untuk mengotomatisasikan proses penyediaan dan permintaan layanan TI yang berulang, selain memusatkan model operasional TI-nya.

Manfaat lainnya termasuk membantu XL Axiata meningkatkan produktivitas sumber daya TI dan menyederhanakan operasional pemulihan cadangan data. Hasilnya, XL Axiata sekarang dapat menikmati pengurangan biaya dan peningkatan visibilitas dari ujung ke ujung untuk setiap divisi, dengan membuka banyak potensi untuk berkembang di masa depan sembari tetap mengendalikan biaya yang timbul.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed