by

Kerja Sama XL Axiata – Dexa Medica Bangun Network IT Infrastruktur

JAKARTA – PT XL Axiata digandeng bekerja sama dengan perusahaan farmasi PT Dexa Medica. XL Axiata melalui XL Business Solution menjadikan SD-WAN+ untuk membangun network IT infrastruktur yang kuat, andal, lincah, dan hemat biaya.

Menurut Chief Enterprise Officer XL Axiata Feby Sallyanto, tidak bisa dipungkiri, situasi pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan berupaya untuk melakukan banyak efisiensi terutama dalam hal operasional perusahaan. ”Agar terus bisa melanjutkan bisnis perusahaan,” katanya melalui rilisnya.

Kemudahan deployment, pengelolaan terpusat, penyerdehanaan perangkat dan efisiensi biaya menjadikan SD-WAN+ opsi yang menarik dan cocok terutama untuk saat ini dan untuk masa mendatang bagi banyak bisnis di pasar global.

Feby menambahkan, kerjasama dengan Dexa Medica merupakan sebuah peluang besar bagi XL Business Solutions untuk memperkenalkan lebih jauh solusi terbaru ini kepada perusahaan-perusahaan lainnya. Pengalaman Dexa akan menjadikan contoh atau acuan bagi perusahaan lain untuk menerapkan solusi SD-WAN+ yang XL Axiata sediakan.

Dikatakan Feby Sallyanto, Dexa Medica sebagai perusahaan yang bergerak di bidang farmasi memiliki visi kedepan untuk terus meningkatkan daya saing dan bertransformasi menjadi respected international pharma company.

Untuk mewujudkannya XL Axiata melakukan berbagai inovasi dan digital transformation menggunakan teknologi yang mutakhir, salah satunya adalah technologi SD-WAN+. Network connection yang realiable baik di kantor pusat maupun di kantor cabang menjadi penting untuk menunjang proses operasional sehari hari dan mendukung inisiatif digital transformation,“ ujar Direktur IT PT Dexa Medica Junita Angdjasrin.

Menurut Junita, dengan menggunakan high bandwith internet connection, Teknologi Software-Define WAN (SD-WAN) menjadi opsi yang sangat menarik dibandingkan teknologi MPLS yang sebelumnya banyak di gunakan. Setelah melalui tahapan technology selection, feature, dan perbandiangan harga, PT Dexa Medica memutuskan Product SD-WAN+ yang ditawarkan PT XL Axiata merupakan solusi terbaik.

XL Business Solution memberikan fleksibilitas pada solusi SD-WAN+ yang diberikan ke pelanggan dengan platform onpremise dan oncloud. Dengan on-premise XL Axiata akan menjamin penyimpanan data tetap ada di Indonesia. Sementara itu, dengan oncloud, XL Axiata  memberikan manfaat tambahan bagi pelanggan berupa integrasi dengan penyimpanan cloud yang dimilikinya.

Selain itu XL mampu menyediakan onestopsolution beserta infrastruktur untuk menjalankan SD-WAN+ ini baik itu jaringan tetap atau fix seperti Internet, maupun jaringan bergerak seperti 4G. Keuntungan lain yang bisa diperoleh pelanggan adalah adanya fitur High Performance Network yang berfungsi untuk mengatur alokasi trafik di setiap cabang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Didukung juga dengan tambahan fitur Unified Threat Management (UTM) yang mampu menjaga keamanan jaringan publik dari ancaman dari luar.

Dalam penyediaan solusi SD-WAN, XL Axiata bekerja sama dengan VMware  untuk menyediakan layanan ini. VMware, Inc. sendiri merupakan perusahaan perangkat lunak dari California, Amerika Serikat. Peranti-peranti lunak yang diciptakan oleh VMware memperkuat infrastruktur digital global yang begitu kompleks melalui kehadiran beragam penawaran di area cloud, jaringan dan keamanan, serta digital workspace. XL Axiata memilih VMWare/Velo sebagai vendor karena VMware adalah salah satu pemimpin pasar dalam penyedia layanan SD-WAN.

VMware SD-WAN Director APJ Peter Bocquet menyampaikan, antusiasnya dapat bermitra dengan XL Business Solutions untuk menghadirkan beragam inovasi yang akan mempercepat transformasi bisnis di Indonesia.

Penerapan solusi SD-WAN+ yang diperkuat oleh VeloCloud, akan memungkinkan terwujudnya kolaborasi antartim yang akan meningkatkan produktivitas dan efektivitas bagi karyawan yang bekerja dari jarak jauh dan mengutamakan mobilitas tinggi.”

SD-WAN atau Software-Defined Networking (SDN) yang diaplikasikan pada koneksi Wide Area Network cocok bagi perusahaan, terutama perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang dengan berbagai macam aplikasi yang harus terhubung dengan kantor pusat.

Teknologi SD-WAN merupakan sebuah solusi inovatif yang bisa mempermudah dan menyederhanakan proses pengelelolaan operasional WAN, seperti deployment jaringan, yang sebelumnya memerlukan waktu  pemasangan yang cukup lama dan membutuhkan tenaga IT yang cukup banyak serta biaya operasional yang tinggi dan juga meningkatkan kinerja aplikasi dengan kemampuan memprioritisasi aplikasi-aplikasi sesuai kebutuhan bisnis.

XL Axiata optimis, solusi SD-WAN+ akan banyak membantu transformasi teknologi korporasi maupun usaha kecil menengah (UKM), karena SD-WAN+ digunakan untuk menghubungkan jaringan perusahaan termasuk kantor-kantor cabang dan data center yang memiliki jarak geografis luas. WAN yang terkelola dengan baik ibarat urat nadi bagi keberlangsungan suatu bisnis, dan akan berkontribusi pada peningkatan produktifitas dan kinerja perusahaan.  Oleh karena itu, XL akan terus berupaya untuk mengembangkan solusi ini agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed