by

Kerja Sama Pendidikan Vokasi NTB dan Northern Teritory Australia

MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerja sama dengan Pemerintah Northern Teritory Australia (NTA) di bidang pendidikan vokasi. Hari ini Kamis 19 Nopember 2020 Delegasi Virtual NTA hadir di Mataram memperkenalkan Vocational Education and Training (VET) .

Delegasi virtual NTA menghadirkan Asisten Minister for International Education Mark Monaghan, Australia’s Consul-General in Makassar Bronwyn Robbins dan Konsul Indonesia di NTA Gulfan Afero.

VET adalah pelatihan berbasis pekerjaan dan keterampilan yang dapat membantu peserta siap dalam bekerja dan juga terampil di bidang masing-masing. Dengan pelatihan yang fleksibel dan dapat diikuti paruh waktu atau waktu penuh, VET juga memberikan sertifikat bagi para peserta dan diakui secara nasional.

Program ini diinisiasi oleh Department Tourism, Industry and Trade Northern Territory yang memberikan kesempatan untuk melakukan magang ataupun pelatihan dalam upaya mengasah keterampilan praktis.

Beberapa fokus VET antara lain : seni, hiburan, olahraga, automotif, konstruksi bangunan, pelayanan masyarakat, pendidikan dan kesehatan, keuangan, perbankan, asuransi, komunikasi, mesin dan pertambangan, pariwisata, teknologi dan ilmu pengetahuan, bisnis dan lain sebagainya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan Pemprov NTB memastikan dan juga mendukung program VET ini. Diharapkan akses ke Australia segera dibuka kembali. Sehingga Pemprov NTB bisa mengirim pelajar dan juga masyarakat Australia dapat berkunjung ke NTB. ”Terlebih tahun depan NTB akan sangat sibuk karena akan menjadi tuan rumah MotoGP,” kata Zulkieflimansyah yang pernah tinggal di Northern Territory.

Sehingga kerjasama VET ini  menurutnya sangat penting untuk meningkatkan SDM dan keterampilan, “Jadi silakan kunjungi NTB, terimakasih kerjasamanya,” ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed