by

KEK Pariwisata Mandalika Terhindar Banjir

KUTA MANDALIKA – Di Lombok, akibat hujan turun sepanjang hari, di berbagai daerah mulai dari Sekotong Kabupaten Lombok Barat hingga Bayan di Kabupaten Lombok Utara mengakibatkan genangan air. Di Lombok Tengah ratusan jiwa penduduk dari belasaan dusun melakukan pengungsian. Di Sembalun – lembah Rinjani Kabupaten Lombok Timur juga terjadi tanah longsor.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika di Lombok Tengah bagian selatan terhindar dari musibah banjir, akibat hujan sepanjang Sabtu 30 Jnuari 2021. Meskipun terjadi genangan di sejumlah titik lokasi namun berkat sistem drainase yang berfungsi dengan baik, segera surut.

KEK Pariwisata Pariwisata meliputi area seluas 1.175 hektar yang di tengahnya terdapat proyek Jalan Khusus Kawasan (JKK) sebagai sirkuit MotoGP yang akan diselenggarakan Oktober 2021 mendatang. Sirkuit ini sepanjang 4,3 kilometer yang memiliki 17 tikungan.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro menjelaskan bahwa hari ini PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC),  melakukan pemeriksaan menyeluruh dan pemeliharaan atas kondisi infrastruktur dasar dalam kawasan. ‘Khususnya sistem drainase guna menjaga sistem drainase tetap berfungsi dengan baik. ”Serta sebagai antisipasi kemungkinan hujan deras terjadi kembali,” katanya.

Selain itu, menurut Bram Subiandoro, ITDC juga telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan ke Desa-Desa Penyangga The Mandalika. ”Untuk melihat kondisi di lapangan serta memonitor kawasan terdampak,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut, selaku BUMN pengelola Kawasan The Mandalika, ITDC telah menyiapkan langkah langkah dalam jangka pendek guna membantu masyarakat yang terdampak banjir antara lain penyediaan air bersih bagi warga desa penyangga dengan menggunakan truk tangki, mengerahkan tenaga kebersihan untuk membersihkan lumpur, serta membantu memangkas dan membersihkan pohon-pohon yang tumbang di sekitar Kawasan.

Di samping itu, ITDC juga akan membantu mengirimkan material saluran beton (U-Ditch) ukuran 60 x 60 cm sebanyak 12 unit dalam membantu jembatan terputus di Desa Rembitan yang merupakan desa penyangga The Mandalika. Jembatan terputus ini berada di jalan utama dari arah Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika.

Langkah-langkah yang dilakukan ITDC ini telah dikoordinasikan dengan BPBD Kabupaten Lombok Tengah dan instansi terkait. ITDC menyatakan keprihatinannya dengan kondisi ini dan berharap tidak ada korban jiwa dan harta benda di desa-desa penyangga The Mandalika akibat banjir di Lombok Tengah ini.

ITDC akan terus berkoordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Lombok Tengah, Polres dan Pemerintah Daerah untuk memantau perkembangan kondisi di lapangan. ”Dan selalu siap membantu tim BPBD dalam menangani bencana ini,” ucap Bram.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed