by

KEK Pariwisata Mandalika dan Sirkuit Jalanan

LOMBOK TENGAH – Oktober 2021 mendatang adalah jadwal berlangsungnya pertama kali Kejuaraan Dunia MOTOGP di Sirkuit Jalanan Mandalika. Ini adalah sirkuit pertama di dalam area kawasan wisata di dunia. Dorna Sport sudah memberikan kontak penyelenggaraannya ini selama 10 tahun.

Rabu 16 Desember 2020 petang, menjelaskan progres pembangunan sirkuit Jalan Khusus Kawasan ini, Construction Enhancement Head The Mandalika Aris Joko Santoso dan Operation Head The Mandalika I Made Pari Wijaya berbicara dalam Media Bond yang diikuti puluhan wartawan, berlangsung di Puri Rinjani Kuta Mandalika.

”Pengembangan kawasan pariwisata besar butuh dukungan yang luar biasa. Masih tersisa waktu sembilan bulan lagi,” kata Made Pariwijaya. Diyakini, Juli 2021 mendatang pembangunan sirkuit di atas lahan seluas 130 hektar itu bisa diselesaikan tepat waktu.

Menurut Aris Joko Santoso, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membangun sirkuit jalanan sepanjang 4,3 kilometer yang meliputi 17 tikungan diantara beberapa bukit dalam kawasan.  ” Ada ruang terbuka fasilitas umum. Kawasan ini tidak tertutup, ada kawasan pantai untuk masyarakat,” katanya.

KEK Pariwisata memiliki panjang bentang pantainya 16 kilometer terdiri enam pantai mulai dari pantai Kuta Mandalika, Seger, Serenting, Tanjung Aan, Kliu, Gerupuk. Di sana juga terdapat laguna yang bakal dilengkapi fasilitas water sport

Untuk kehadiran the Mandalika ini, sudah 13 investasi senilai Rp 2,885 triliun untuk 11 akomodasi dan dua fasilitas pendukung berupa Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) atau pengolahan air bersih dan SPBU. Akomodasi berupa hotel oleh Pullman, Royal Tulip, Paramount, Golden Tulip, Marriot, Aloft, Mandalika Beach Club, Marta, Grand Aston, Cocomart, Laza yang keseluruhannya memiliki 1.268 kamar dan lainnya masih didesain 698 kamar.

Untuk keperluan menonton di dalam sirkuit, ITDC membangun bebrapa fasilitas yang mampu menampung 185.700 orang. Ini terdiri dari Hospitalitality Suites yang kapasitasnya 7.700 orang, empat titik lokasi Grand Stand Seating yang satu diantaranya merupakan lokasi utama dan General Admission yang tanpa tempat duduk memuat 138 ribu orang. Area paddocknya saja mampumenampung keberadaan 40 tim.

Sebelumnya, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer pernah menyebutkan bahwa progres keseluruhan pembangunan didukung pembangunan akses jalan langsung/bypass sepanjang 17,39 kilometer dengan Right of Way (ROW) jalan selebar 50 meter dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke The Mandalika oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), penambahan panjang lintasan runway, upgrade kargo dan aksesibilitas, ekspansi apron dan pelebaran taxiway serta kegiatan promosi di Bandara Internasional Lombok yang dilakukan oleh Angkasa Pura I, pengembangan fasilitas kargo dan cruise olehPelindo III dan ASDP, penambahan kapasitas listrik di kawasan oleh PLN,serta pembukaan rute baru bus yang melayani sejumlah wilayah di Lombok menuju The Mandalika oleh DAMRI.

Di kawasan wisata Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membangun proyek Pink Mandalika. Di sana, sejak Mei 2020 lalu, di atas lahan seluas 26,5 hektar ditanami 500 ribu batang pohon bunga Bougenville yang berwarna pink di lingkungan sirkuit yang disebut sebagai Jalan Khusus Kawasan (JKK).

BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan KEK Mandalika/The Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memilih bunga Bougenville untuk ditanam di tujuh bukit dalam kawasannya. Pilihan ini karena ketahanan bunga ini terhadap panas dan sesuai dengan iklim Indonesia yakni iklim tropis, kondisi iklim mikro (area pesisir), daerah yang kurang air, dan mudah berkembang biak.

Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan sebelumnya juga mengatakan proyek dengan tema Pink Hill ini merupakan proyek atraksi wisata yang menggabungkan konsep wisata bunga atau wisata alam dengan program konservasi lingkungan. Pink Hill yang terletak di sekitar JKK ini akan menjadi obyek wisata baru yang dapat dinikmati oleh wisatawan saat berkunjung ke The Mandalika. ”Sekaligus menjadi pemandangan yang menarik saat berlangsungnya MotoGP di The Mandalika,” katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed