by

Kebutuhan Transportasi Penonton MotoGP

MATARAM – Untuk kepentingan kebutuhan penonton MotoGP, di sirkuit Mandalika, Lombok, 18 – 20 Maret 2022 mendatang, masih akan memerlukan banyak tambahan kendaraan sewaan dari luar daerah.

Jumlahnya tidak sedikit, terutama untuk mobil kebutuhan penonton berkelas. Seperti mobil Alphard, Innova Reborn dan Fortuner. ” Pasti dibutuhkan joint operation dengan penyedia kendaraan sewaan dari luar, ” kata Ketua DPD Organisasi Angkutan Daerah Nusa Tenggara Barat (Organda NTB) Junaidi Kasum yang biasa dipanggil JK , Rabu 5 Januari 2022 siang.

Untuk kebutuhan lebih 100 ribu penonton diantaranya yang memerlukan transportasi umum, Organda NTB menyiapkan 250 unit bus dari kota Mataram hingga bundaran Bandara Lombok. Setelah itu penumpang dialihkan ke bus lain menuju sirkuit yang berjarak 20an kilometer. Sewaktu WSBK, Nopember 2021 lalu menggunakan 103 bus kapasitas angkut 12, 30, dan 45 seat dari lima titik menuju parkir barat dan parkir timur Kawasan Mandalika sebelum penonton dialihkan menggunakan 97 unit bus ke sirkuit.

Sedangkan angkutan sewa khusus (ASK) sewaktu WSBK yang terpantau melalui ramp check sebanyak 800 unit dan lainnya diperkirakan sebanyak 5000 unit mulai dari Avanza hingga Innova Reborn.

Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) NTB Sahlan M Saleh mengatakan kebutuhan ASK tinggi. ” Pasti banyak dibutuhkan, paling tidak 300 unit, ” ucapnya.

Astindo NTB yang melayani penjualan ticket menonton MotoGP, di luar harga ticket juga menyediakan paket hotel, transport dan makan selama empat hari tiga malam di Lombok Rp 6 – 7 juta.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed