by

Karyawan XL Axiata Kirim Bantuan untuk Korban Semeru

LUMAJANG – Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui Majelis Ta’lim XL Axiata (MTXL), mengirimkan bantuan darurat untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Bantuan disalurkan ke tiga titik warga terdampak yaitu Sumber Wuluh Tengah, Dusun Poncosumo dan Dusun Kamar Kajang, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (11/12).

Ketua MTXL, Yanuar Tirta Kumaya mengungkapkan, “Bantuan ini merupakan salah satu bagian dari Program MTXL Tanggap Bencana yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan. Bantuan ini sekaligus merupakan wujud dari kepedulian karyawan XL Axiata untuk meringankan beban masyarakat yang sedang menghadapi bencana. Bagaimana pun juga, XL Axiata telah lama menjadi bagian dari masyarakat Lumajang. Sudah semestinya kami ikut membantu warga. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat.”

Bantuan darurat dari karyawan XL Axiata tersebut berupa paket barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari seperti mie instan, makanan ringan, susu, sabun mandi, dan masker. Selain itu, MTXL bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menyalurkan paket bantuan alat kebersihan seperti sapu, sikat, alat pel dan ember. Sementara itu, untuk menyemangati anak-anak terdampak erupsi, MTXL bersama IZI mengadakan program Trauma Healing di camp pengungsian SMPN 2 Pasirian, Lumajang.  Pengadaan dan program untuk bantuan ini dihimpun dari dana zakat, infaq/sodaqoh karyawan XL Axiata yang dikelola oleh MTXL.

Seluruh dana yang terkumpul melalui Program MTXL Tanggap Bencana ini disalurkan secara langsung dengan menggelar berbagai aksi sosial untuk masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Selain disalurkan dalam bentuk bantuan darurat ke wilayah terdampak bencana, dana dari karyawan juga disalurkan dalam berbagai kegiatan sosial, seperti antara lain pembangunan jembatan desa, sarana air bersih, pembangunan masjid, pembangkit listrik, bedah rumah, hingga depot air isi ulang.

Sementara itu, terkait layanan XL Axiata selama terjadinya banjir di Provinsi Sulawesi Selatan dan Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, secara keseluruhan jaringan XL Axiata di seluruh wilayah tersebut dalam kondisi aman. Tidak ada BTS yang terdampak banjir, layanan kepada pelanggan tetap berjalan normal karena dilakukan penguatan dan rekayasa jaringan di sekitar lokasi bencana. Di seluruh Sulawesi Selatan, layanan kepada pelanggan ditopang oleh lebih dari 4.200 BTS, sedangkan di Pulau Lombok jaringan XL Axiata ditopang lebih dari 882 BTS

XL Axiata terus memantau dan memastikan saat ini layanan tetap normal di sebagian besar wilayah terdampak banjir. Tim XL Axiata berupaya keras menjaga kualitas jaringan telekomunikasi dan data di area terdampak bencana, baik dengan memastikan beroperasinya infrastruktur maupun dengan rekayasa jaringan. Langkah-langkah antisipasi telah dijalankan oleh tim teknis XL Axiata guna menghadapi berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam di sejumlah area rawan bencana di seluruh provinsi sejak mulai meningkatnya curah hujan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan kondisi infrastruktur jaringan, juga guna menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terlanda bencana.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed