by

Juara Asia SS600 2022 Andi Gilang Rayakan Selebrasi Kemenangan di Sirkuit Mandalika

MANDALIKA – Penampilan gemilang dan heroik ditunjukkan para pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menuntaskan ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2022. Pada seri terakhir yang diselenggarakan di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, para pebalap mendominasi podium dalam dua race yang diselenggarakan Sabtu-Minggu (19-20 November). Bahkan Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang mampu sapu bersih podium pertama dalam dua race, sekaligus mencetak sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara ARRC kelas Supersport (SS)600.

Usai berhasil menjadi jawara Asia, Andi Gilang melakukan selebrasi kemenangan Ahad 27 November 20222 di Sirkuit Mandalika di ajang Indonesia CBR Track Day 2022. Sebanyak 129 pembalap dan pecinta otomotif setanah air hadir di sirkuit Mandalika untuk bersama merayakan kemenangan pembalap yang pernah berlaga di ajang Moto2 Grand Prix ini. Andi Gilang bersama Adenanta Putra, yang meraih meraih posisi kedua dalam Race 1 AP250 ARRC Thailand 2022 bersama-sama mengibarkan bendera merah putih di Sirkuit Mandalika sebanyak dua putaran.

Duo pebalap Astra Honda Racing Team ini memimpin 129 pembalap untuk mengelilingi sirkuit. Sebelum dimulainya selebrasi kemenangan, para pebalap bersama Andi Gilang juga melakukan simulasi start MotoGP di starting grid sirkuit Mandalika. Selanjutnya kemudian dilakukan parade yang dimana para peserta parade dibagi menjadi dua rombongan. Andi Gilang mengungkapkan ia sebenarnya kaget dengan adanya selebrasi kemenangan di sirkuit yang dipakai untuk MotoGP dan WSBK ini. “Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang selalu ada untuk support kita,” kata Gilang.

Terkait next step pada tahun 2023, Andi Gilang mengaku siap ditempatkan di kelas manapun berdasarkan keputusan dari Astra Honda Racing Team. “Tahun 2020 saya pernah di Moto2, Tahun 2021 di Moto3 dan 2022 di ARRC. Jadi saya selalu ditempatkan di kelas manapun,” ujar Gilang.

Sementara itu, Daniel Aria sebagai manajemen Astra Honda Racing Team menerangkan, kebetulan ada track day yang diselenggarakan oleh community CBR dan Gilang sendiri motornya New CBR250RR hingga akhirnya ikut bergabung dalam track day kali ini. Oleh karenanya, tidak ada salahnya bagi pebalap Andi Gilang dan Adenanta Putra untuk bergabung merayakan selebrasi kemenangan dengan parade di Mandalika. Terkait duo pebalap tersebut untuk naik kelas pada tahun 2023, Daniel Aria mengaku masih akan melihat performa kedua pembalap ini. Namun untuk saat ini, Daniel Aria menyatakan kedua pembalap tersebut masih fokus di Asia Road Racing Championship.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menyebutkan, kedatangan Andi Gilang selain melakukan selebrasi kemenangan, juga melakukan coaching clinic kepada para bikers. Andi Gilang berbagi tips terkait dasar-dasar teknik balap mulai dari pemanasan untuk mengindari cidera balap, persiapan perlengkapan untuk balapan seperti helm dan juga wearpack, hingga pengecekan motor yang akan digunakan. Para peserta juga mendapatkan informasi seputar posisi berkendara saat di sirkuit, termasuk posisi badan saat melakukan cornering di lintasan balap. MGPA sendiri hanya menyiapkan marshal, ambulans, dan berbagai fasilitas lainnya yang diperlukan oleh bikers.

“Para pembalap datang kesini untuk menikmati keindahan alam sirkuit karena rata-rata bikers memacu kecepatan tidak lebih dari 100 KM/Jam meskipun MGPA memberikan kecepatan maksimal 150 KM/Jam,” ucap Priandhi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed