by

Jelang Moto GP, Pokdarwis Lombok Barat Ikuti Diklat Jurnalistik

SENGGIGI – Menyambut penyelenggaraan balap Moto GP di Pertamina Mandalika International Streeet Circuit, 18 – 20  Maret 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melakukan kesiapan. Setelah infrastruktur pendukung, kini mempersiapkan desa wisata sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Diantaranya, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se Lombok Barat dibekali pelatihan jurnalistik untuk kepentingan publikasi. Hal ini tentu membutuhkan kerja keras dan kerja ekstra dari ‘’Pokdarwis punya peran publikasikan potensi desa wisata dan atraksi budaya yang dimiliki,’’ kata Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid sewaktu penutupan pelaltihan yang diselenggarakan Forum Wartawan Lombok Barat di Taman Wisata Alam Kerandangan, Sabtu 29 Januari 2022.

Publikasi ini menjadi penting untuk wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Lombok Barat khususnya desa wisata. Ia meminta pokdarwis dapat menulis informasi seputar potensi wisata dan atraksi budaya sehingga dapat menjadi referensi bagi wisatawan untuk berkunjung. ‘’Bisa melalui media sosial atau website desa sehingga dapat diakses secara luas dan cepat, ” katanya.

Fauzan Khalid mengatakan semua pihak harus belajar dan melakukan berbagai evaluasi dari even WSBK tahun lalu. Sehingga berbagai kekurangan saat WSBK tidak terjadi saat even moto GP.

Menurutnya jumlah penonton saat even WSBK hanya 25 persen dari jumlah penonton saat even moto GP atau dengan kata lain jumlah penonton saat even Moto GP diperkirakan empat kali lipat dari WSBK. Karenanya ia meminta semua pihak untuk melalukan berbagai persiapan dalam menangkap peluang dari even Moto GP 2022. Mulai dari kuliner, souvenir hingga peluang transportasi harus kita tangkap dan persiapkan dengan baik agar even Moto GP ini dapar memberikan nilai tambah untuk masyarakat Lombok Barat.

Fauzan Khalid menyebutkan bahwa saat ini sudah ada ratusan komunitas motor yang akan camping ground di Gunung Jae saat even moto GP. Selain itu juga ratusan tamu dari Palembang, Sumatera Selatan juga akan menginap di Gili Gede Kecamatan Sekotong saat even internasional tersebut berlangsung.

Ia juga menyampaikan bahwa karena kekurangan kamar dua kapal pesiar akan bersandar di Pelabuhan Gili Mas sebagai tempat menginap para wisatawan. “Ini peluang dan pemkab sedang menjajaki agar konsumsi dari wisatawan di kapal pesiar tersebut dapat dari Lombok Barat dan Travel yang mengantar mereka ke Mandalika dan tempat lainnya diharapkan berasal dari Lobar. ‘’Agar masyarakat merasakan manfaat dari even moto GP 2022, ” ujarnya.

Ia ingin masyarakat menerima manfaat dari even moto GP. Sehingga hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lombok Barat. Karenanya ia meminta agar Pokdarwis dapat menulis berita yang menarik agar wisatawan tertarik berkunjung ke desa wisata untuk menikmati kuliner, atraksi budaya hingga membeli souvenir dari desa wisata.

Menurutnya hal ini tentu butuh persiapan dan kemampuan untuk menangkap peluang. Karenanya ia sangat mendukung pendidikan dan latihana jurnalistik bagi pokdarwis yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Lombok Barat bersama Pemkab Lobar. ‘’Diharapkan dapat menghasilkan tulisan yang menarik dari pokdarwis sehingga wisatawan dan penonton moto GP tertarik berkunjung. ‘’ ucaap Fauzan Khalid yang sangat apresiasi pelatihan jurnalistik untuk pokdarwis.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed