by

Jawa Barat Bantu Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif NTB

MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jawa Barat (Jabar) melakukan kerja sama mengembangkan potensi ekonomi kreatif, Kamis 17 Desember 2020. Bertepatan dengan peringatan ulang tahun NTB ke-62, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bekerja sama menghasilkan produk kerajinan menjelang kegiatan internasional
antara lain balap sepeda L’etape Tour de France, MotoGP dan Superbike tahun 2021 mendatang.

Menurut Zulkieflimansyah, KREASI atau Komite Ekonomi Kreatif & Inovasi yang ada di Jabar mendorong kolaborasi pemangku kepentingan ekonomi kreatif dalam melahirkan kreativitas dan inovasi. ”Yang memberikan nilai tambah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” katanya.

Ridwan Kamil yang mengatakan bentuk dukungan Jabar tersebut, mengirimkan orang-orang kreatif Bandung untuk mendukung teknis acara dari sisi produk-produk untuk menyambut MotoGP. Kerjasama yang dibangun ini diharapkan akan mampu mengalihkan teknologi dan transfer ilmu. ”Ssehingga pada saat kebangkitan pariwisata NTB sistem ekologi dari kreativitas sudah terbentuk,” ujarnya.

Ridwan Kamil yang hadir di Mataram bersama tim ekonomi dan perbankan. Tujuannya untuk melakukan survei langsung terhadap potensi-potensi yang akan dikerjasamakan antara NTB dengan Jabar.

Selama ini NTB memiliki sejarah kedekatan NTB yang sudah berlangsung lama. Bahkan salah satu Gubernur NTB Wasita Kusumah pada periode 1968-1979 adalah asal Tasikmalaya Jabar

Ia menyebutkan bahwa hubungan kedua daerah antara NTB – Jabar sudah sedemikian erat. Untuk itu ia mengajak semua pihak untuk membangun Indonesia. Membangun Indonesia tidak perlu dikotak-kotakkan. Oleh karena itu ia juga mengajak semua pihak untuk mengurangi kata kompetisi dan memperbanyak kata kolaborasi.

Dalam pandangan Ridwan Kamil, MotoGP 2021 di Mandalika bukan hanya kebanggaan bagi NTB saja, namun telah menjadi kebanggaan seluruh Indonesia. ”Maka dari itu hukumnya wajib bagi masyarakat Indonesia untuk mendukung NTB,” ucapnya.

Acara Tasyakuran Peringatan HUT NTB ke 62 Hari Kamis tanggal 17 Desember 2020 berlangsung meriah dan hangat. Acara yang digelar di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB itu juga dihadiri secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil saat menyampaikan pidato kebangsaan di hadapan Gubernur NTB, Wakil Gubernur, Forkopimda dan ratusan undangan lainnya memberikan pantun-pantun segar yang membuat acara semakin meriah.

Ridwan Kamil- mengawali pantunnya seputar salam silaturrahim dari masyarakat Jawa barat.
“Memakai kerudung bermotif sulam, dipuji suami setiap saat, dari Bandung datang ke Mataram, menyampaikan silaturrahim rakyat Jawa barat,” kata Kang Emil.

Pantun kedua seputar makanan khas Provinsi NTB serta tema besar HUT NTB yang ke-62. “Makan ayam Taliwang, bayarnya dua puluh ribu, jika NTB Gemilang, Insya Allah Indonesia maju,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah tamu undangan.

Tak lupa, Ridwan Kamil menyampaikan pantun Jabar Juara. “Kue coklat mengundang selera, rasanya pun begitu lezat, jika Jawa Barat juara, maka Indonesia menjadi hebat,” ucapnya.

Tak hanya pada saat awal-awal pidato, Ridwan juga melempar pantun saat menutup pidato kebangsaannya. Ia mengaku, pantun tersebut di tulis langsung oleh istrinya saat berada di dalam pesawat. “Ikan hiu makan cabe, I Love You NTB,” katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed