by

Januari – Juni 2021, Remitansi TKI NTB Rp144 Miliar

MATARAM – Pekerja Migran Indonesia Nusa Tenggara Barat atau TKI yang bekerja  di berbagai negara terus mengirimkan hasil nafkahnya kepada keluarga di daerahnya. Selama periode Januari – Juni 2021 jumlah remitansi yang masuk di Provinsi NTB sebesar Rp 144 miliar.

Jika dirata-ratakan, maka penerimaan remitansi yang dikirim oleh para pahlawan devisa tersebut, rata-rata sebesar Rp24 milyar lebih setiap bulannya. ” Jadi Remitansi buruh migran kita ini cukup tinggi,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigasi (Disnakertrans) NTB I Gede Putu Aryadi.

Berdasarkan dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan NTB bahwa remitansi terbanyak dikirim para PMI/TKI asal Lombok Barat dan Kota Mataram sebesar Rp 72,976 miliar. Di urutan kedua  TKI asal Sumbawa mengirim Rp 46,395 miliar, kemudian di urutan ketiga yang paling banyak remitansi adalah TKI asal Bima mengirim Rp 20,047 miliar.

Sedangkan Lombok Timur dan Lombok Tengah yang selama ini dikenal sebagai kantong asaal TKI masih kalah. Lombok Tengah menerima remitansi Rp 3,44 miliar dan Lombok Timur Rp1,12 miliar, Dompu adalah daerah penerima remitansi terendah yaitu sebesar Rp 687 juta.

Dilihat dari negara penempatan, menurut Gde Putu Aryadi, negara Arab Saudi masih menjadi negara penempatan dengan remitansi tertinggi, yaitu sebesar Rp 61,315 miliar. Negara penempatan kedua penghasil remiten tertinggi adalah Uni Emirat Arab sebesar Rp. 23,374 miliar.

Berikutnya posisi ketiga adalah negara Jepang dengan remitansi sebesar Rp 1,55 miliar. Selanjutnya negara Malaysia dengan remitansi sebesar Rp. 1,54 miliar dan posisi kelima diduduki oleh negara Hongkong dengan remitansi Rp 1,21 miliar.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed