by

Jalan – Jalan ke Sirkuit Samota dan Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo

SUMBAWA BESAR – 24 – 26 Juni 2022 mendatang, Kejuaraan Dunia MotoCross Grand Prix (MXGP) akan berlangsung di Rocket Motor Circuit di Samota Sumbawa Besar. Ratusan pembalap dunia akan tampil dari 20 negara mengadu nyali di sirkuit baru yang topografinya asli tanjakan dan turunannya atau jumpingannya hanya bisa aman dilalui oleh pembalap yang sudah teruji.

Selama tiga hari, 16 – 18 Juni 2022 lalu, saya bersama rekan Foorum Wartawan Ekonosmi Bisnis Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti perjalanan media gathering Kantor Otoritas Jasa Keuangan NTB ke Samota dan pulau Moyo.

‘’Ini sirkuit terindah di dunia,’’ kata Komandan Lapangan Sirkuit Ridwan Syah sewaktu memandu kunjungan, Kamis 16 Juni 2022 pagi. Sebutan terindah ini dikutip Ridwan Syah dari manajemen Infront yang menangani MXGP.

Sejauh mata memandang, dari sirkuit tersebut ke arah utara tampak birunya laut perairan Teluk Saleh, diantara Pulau Moyo, Pulau Satonda dan Gunung Tambora. Moyo menjadi menjadi berita heboh setelah kedatangan Lady Diana Spencer, 1993.  Waktu itu Lady Diana bermalam di Amanwana Resort – hotel tenda yang waktu itu belum selesai dibangun.dan diresmikan.

Di sekitar terdapat pantai Tanjung Menangis yang memiliki kisah putri Datu Samawa yang menderita sakit dan berhasil disembuhkan Datu Ujungpandang. Namun, Datu Samawa ingkar janji menikahkan putrinya dengan pria yang menyembuhkannya karena berwajah buruk.  Kecewa, Datu Ujungpandang meninggalkannya namun tampak berubah wajah tampan. Sang Putri Datu Samawa yang menyesali orang tuanya, menangisi dan  mengejar hingga tenggelam di tengah laut.

Sebelum mencapai Desa Labuan Aji, bisa singgah di spot snorkeling atau diving yang biasa dilakukan wisatawan yang menumpang kapal pinissi dari Bali dan Lombok menuju Labuan Bajo. Setidaknya ada spot Rajasua dan Takat Sagaale dan Poto Jarum. ‘’Di sini ada ikan hias, ikan barracuda atau ikan Nemo,  kura-kura dana taman karang‘’ ujar salah seorang crew the Langkah tours & travel Syafrudin yang memandu perjalanan, Kamis 16 Juni 2022 siang.

Sedangkan pulau Moyo yang berjarak hampir 30 kilometer dari Pantai Goa menggunakan boat baik carter atau public yang waktu tempuhnya sekitar dua jam ongkosnya Rp 25 ribu per orang.

Di sana, siap menunggu ojek yang dapat digunakan menuju lokasi Mata Jitu yang berjarak sekitar 15 – 30 menit melalui jalan rabat yang ongkosnya antara Rp 50 ribu – Rp 100 ribu.

Di lokasi air terjun Mata Jitu terdapat tiga bagian yang berjarak sekitar 400 meter. Yng di sebelah timur dikenal sebagai Lady Pool – tempat Lady Diana Spencer menikmati segarnya air.kolam tersebut Kemudian di tengah, terdapat dinding air terjun setinggi kurang lebih 10 meter. Dan kemudian di sebelah barat lagi terdapat kolam yang lebih luas.

Terdekat dari dermaga Labuan Aji di Moyo, terdapat penginapan Sunset Resort yang dikelola pria asal Normanddie Perancis Jeans Francois Paul Louis Lecoge, 49 tahun, yang memiliki sembilan kamar bungaslow superior dan standarr. Maleo Moyo Resort pun berkmar sembilan dikelola asal Belanda, Evert.

Pulau Moyo luasnya kurang lebih 30.000 hektar, panjang 27 kilometer dan lebar 20 kilometer dan panjang garis pantai 88 kilometer.  Untuk mendukung pemanfaatan Pulau Moyo sebagi obyek wisata alam, maka melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 308/Kpts-II/1986 tanggal 29 September 1986 telah ditunjuk sebagian Pulau Moyo sebagai Taman Buru dan Taman Wisata Alam Laut dengan luas 28.460 Ha yang terdiri dari Taman Buru Seluas 22.460 Ha dan Taman Wisata Alam Laut seluas 6.000 Ha di sekitar Taman Buru tersebut.

KawasanTaman Wisata Alam Laut terbentang dari Pantai Stema ke arah selatan hingga Tanjung Boko.Pulau Moyo beriklim tropis. Curah hujan antara 1.250 mm di daerah rendah dan 1.500-2.000 mm di daerah yang tinggi dan sebagian besar ditutupi oleh hutan tropis, yaitu hutan tropis setengah kering.

Ada 205 jenis tumbuhan di dalam pulau Moyo dari 70 famili. Juga tercatat 70 jenis burung daintaranya  15 jenis burung dilindungi dan empat jenis mamalia dilindungi. Hasil survey Moyo – Satonda adanya 64 spesies karang dan 193 spesies ikan karang. Keragaman karang keras tertinggi yaitu Acropora, Montipora, dan Porites.

Di sana ada 585 jenis fauna yang berada di dalam hutan lindung dan hutan konservasi. Yaitu 32   species mammalia, 212  species burung,  19  species of ular, 11  species amphibia, 79  species serangga, 9  species mollusca yang dilindungi, 138  species terumbu karang, dan 84  species ikan karang.

Sedangkan 61 jenis satwa yang dilindungi yaitu : 5 satwa mammalia, 34 burung, delapan ular,  dua serangga. Di lokasi Aik Manis terdapat 29 burung Kakatua Jambul Kuning yang berada di area seluas 7,85 hektar.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed