by

Jalan-Jalan Dan Kulineran Selain Nonton  Balap Motor di Lombok

MATARAM – Pelaku pariwisata di Mataram Nusa Tenggara Barat telah memiliki paket wisata untuk calon penonton Kejuaraan Dunia Balap Motor mulai dari Idemitsu Asia Talent Cup 12 – 14 Nopember 2021, World Superbike (WSBK) 19 – 21 Nopember 2021 dan Kejuaraan Dunia MotoGP, Maret 2022.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi, keunggulan menonton di sirkuit Mandalika banyak. Sembari menonton balap motor mata dimanjakan oleh keelokan pantai di sepanjang kawasan Mandalika selain menikmati kuliner Ayam Taliwang, Sepat dan Palimara. ”Nikmati pesona wisata sembari merasakan sensasi kuliner yang tidak didapat ditempat lain,” ujarnya.

Ketua Generasi Pesona Indonesia Siti Chotijah alias Jhe, mengajak wisatawan melakukan jelajah desa wisata, kulineran di Kota Mataram. ”Juga melakukan susur pantai selatan Lombok,” katanya.

Ketua Masyarakat Sadar Wisata Lombok Tengah Lalu Sandika Irwan memperkenalkan tujuh pantai yang layak dikunjungi di sekitar Mandalika.  Yaitu pantai Areguling, pantai Mawun, pantai Semeti, pantai Telawas, pantai Mawi, pantai Selong Belanak dan pantai Serangan.

Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata NTB Badrun mengatakan telah menerima banyak reservasi menonton di sirkuit Mandalika. Anggotanya menawarkan tidak hanya menonton WSBK saja. ”Ada paket lima hari empat malam ada dipadukan ke Gili sehari,” ucapnya.

Seorang pelaku usaha pariwisata di Mataram Leja Kodi alias Ingoe dari Leko Holidays mengatakan sudah menyiapkan paket wisata termasuk menonton di sirkuit selama empat hari tiga malam, atau lima hari empat malam dan atau lima malam enam hari. ”Ini fokus penonton asal dalam negeri,” kata Ingoe.

Menurutnya, ia akan menawarkan perjalanan wisata ke semua destinasi di Nusa Tenggara Barat (NTB). ”Menonton dan liburan. Selain nonton sirkuit sampai di Sumbawa,” katanya.

Ia menyebutkan telah paket liburannya yang menarik yang kesemua destinasinya sudah dikenal agar memperpanjang lama tinggalnya. Kalau di Lombok kawasan 3 gili yaitu Gili Trawangan- Gili Meno-Gili Air, Sembalun (lembah Rinjani), air terjun Sendang Gile di Lombok Utara, dan pantai atai Gili di Sekotong Lombok Barat. Atau pilihan perjalanan wisata menlihat Ikan Hiu di perairan Sumbawa.

Sedangkan pilihan menu di Lombok, tidak hanya Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. tetapi juga sate di Suranadi, Sate Bulayak dan Sate Rembiga. ”Semua kuliner Lombok ditawarkan,” ucapnya.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB Ari Garmono menyebutkan destinasi yang bisa dikunjungi kalau mengacu yang ditetapkan pemerintah sebagai green zone area adalah Gili Matra, Sembalun dan Mandalika untuk di Lombok. Sementara untuk di Sumbawa yaitu pulau Moyo dan Tambora. ”Tetapi di luar itu desa – desa wisata juga tengah berbenah,” katanya.

Mengenai kuliner khas yang patut dicoba sangat banyak sekali pilihannya. Tentunya Ayam Taliwang, Beberuk, Plecing Kangkung, Sate IkanTanjung, Sate Rembiga, Nasi Balap Puyung.

Pemerhati pariwisata Taufan Rahmadi yang sebelumnya pernah menjabat Ketua BPPD NTB, menyambut WSBK ataupun MotoGP menyiapkan paket tur Lombok : Beyond Pitstop Tour.

Di Lombok Barat, ia akan mengajak ke Sesaot, Suranadi, Sekotong, Senggigi dan Narmada. Di Lombok Tengah ada desa Bile Bante, Dusun Sade, Bon Jeruk, air terjun Benang Kelambu. Sedangkan di Lombok Timur menawarkan Desa Tete Batu, Kembang Kuning, Teluk Ekas, Sembalun, Gili Kondo dan Rinjani

Di Kabupaten Lombok Utara ada Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Desa Senaru di kaki Rinjani. Sedangkan di Kota Mataram bisa kulineran Ayam Taliwang, Sate Rembige. Selanjutnya belanja mutiara dan berkunjung ke Islamic Centre Nusa Tenggara Barat, Pura Mayura.

Untuk kulineran, ia memperkenalkan RM Ayam Taliwang H Moerad yang merupakan warisan dari neneknya Hajah Salmah yang merintis masakan ayam Taliwang sejak 1967, di Kampung Taliwang Mataram. ”Ayam Taliwang itu aslinya ayam yang dibakar dengan bumbu plecingan yang rasanya pedas,” katanya menjelaskan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed