by

ITDC Salurkan Bantuan Untuk Program Pencegahan Stunting di Desa Mertak

MATARAM – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan member InJourney Group yang mengembangkan dan mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika, menyalurkan bantuan untuk program pencegahan stunting di Desa Mertak, Pujut, Lombok Tengah.

Bantuan yang diberikan pada program ini berupa pemberian 600 telur ayam yang diserahkan langsung oleh General Manager The Mandalika Molin Duwanno bersama Ketua Kelompok Kerja (POKJA) Advokasi dan Informasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN) Provinsi NTB Samaan.

General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengemukakan bahwa program ini merupakan pilot project kolaborasi antara ITDC dengan BKKBN Provinsi NTB dengan memberikan makanan tambahan mengandung protein hewani yang merupakan rekomendasi dari BKKBN Provinsi NTB. ‘’Sebagai langkah pencegahan stunting di desa penyangga KEK Mandalika,’’ katanya.

Program ini merupakan kolaborasi antara ITDC dengan BKKBN Provinsi NTB, dimana BKKBN Provinsi NTB memberikan pendampingan dan penyuluhan terhadap ibu dengan kondisi anak rawan stunting. BKKBN Provinsi NTB juga melakukan sosialisasi mengenai pengolahan protein hewani yang sehat untuk diberikan kepada anak-anak dengan kategori berat badan di bawah normal (underweight).

Angka keluarga berpotensi risiko stunting di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2021 atas data dari BKKBN Provinsi NTB menunjukkan angka yang sangat tinggi yaitu sebanyak 557.301 keluarga. Berdasarkan jumlah tersebut, Kabupaten Lombok Tengah menempati peringkat ke-2 untuk jumlah keluarga berpotensi risiko Stunting di NTB pada angka 111.407 keluarga.

Kecamatan Pujut merupakan salah satu kecamatan dengan jumlah balita dengan potensi stunting di Indonesia. Desa Mertak memiliki jumlah balita berisiko stunting paling tinggi yaitu sebesar 383 anak untuk tahun 2023.” ujar Molin.

Ke depannya, ITDC dan BKKBN Provinsi NTB akan memonitoring perkembangan anak-anak yang rawan stunting dengan melakukan penimbangan dan evaluasi dengan memperhatikan kenaikan berat badan setelah pemberian telur setiap 2 minggu sekali selama 3 bulan.

“Bantuan ini merupakan wujud dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ITDC terhadap perbaikan gizi anak-anak di desa penyangga kawasan The Mandalika. ‘’Kedepannya pilot project ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk institusi atau BUMN lain dapat melakukan kegiatan serupa khususnya pada isu stunting.” ucap Molin.(*)