by

ITDC-MGPA Siapkan Alur Masuk Penonton

MANDALIKA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The

Mandalika bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, menetapkan alur masuk penonton/spectators ke Pertamina Mandalika Circuit untuk menyaksikan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 pada 18-20 Maret 2022.

Alur masuk penonton ini diatur sesuai dengan tiket MotoGP yang dibeli oleh para pengunjung. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerumunan kendaraan maupun orang yang keluar masuk ke area Sirkuit.

Penonton yang ingin menyaksikan MotoGP 2022 wajib memahami jenis tiket dan lokasi menonton yang sesuai dengan tiket yang dibeli. Tiket yang dibeli secara online maupun offline merupakan e-tiket yang harus ditukarkan menjadi tiket fisik berupa wristband.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro menyebutkan pemberlakuan flow penonton ini sudah didiskusikan dengan Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Barat (Dishub NTB) dan Kepolisian Daerah (Polda) NTB agar lebih terintegrasi.

Selain untuk meminimalisir jumlah penonton yang terlalu banyak dalam suatu titik, juga untuk mengantarkan penonton sedekat mungkin dengan lokasi Grandstand sesuai tiket yang mereka beli.”Alur masuk dan keluar penonton MotoGP 2022 ke The Mandalika, Dishub NTB bersama Polda NTB telah menyediakan feeder bus untuk masuk/keluar The Mandalika, dengan enam rute yaitu: Rute Selaparang – The Mandalika, Rute Pelabuhan Kayangan – The Mandalika, Rute Embarkasi Haji – The Mandalika, Rute Bandara Internasional Lombok (BIL) – The Mandalika, Rute Pelabuhan Bangsal – The Mandalika, Rute Pelabuhan Lembar – The Mandalika, dan Rute Pelabuhan Gili Mas – The Mandalika, serta dan sebaliknya.

Setiap rute akan menyediakan 3 jenis bus dengan stiker berwarna merah, biru dan hijau, yang akan membawa penonton langsung sampai ke Parkir Timur dan Parkir Barat di dalam kawasan The Mandalika. ‘’Penonton diminta untuk memperhatikan dengan seksama tiket yang dimiliki sehingga bisa memilih feeder bus yang tepat,’’ kata Bram Subiandono.

Disamping menyiapkan flow untuk penonton MotoGP yang akan menggunakan kendaraan feeder dari lima rute tersebut, ITDC-MGPA juga mematangkan flow untuk penonton yang ingin membawa kendaraan pribadi. Para penonton MotoGP 2022 jenis Grandstand dan General Admission akan mendapatkan stiker kendaraan berwarna merah, biru, hijau yang disiapkan oleh penyelenggara.

Untuk penonton MotoGP 2022 tiket VIP Hospitality Suites Premiere Class dan Deluxe Class akan mendapatkan stiker kendaraan berwarna hitam dan abu-abu. Stiker kendaraan ini dapat diambil pada 18-20 Maret 2022 yang berlokasi di Ex-Embarkasi Haji (depan Hotel D’Max, Praya, Lombok Tengah). Setelah mendapatkan stiker kendaraan tersebut, penonton akan diarahkan untuk menuju salah satu kantong parkir Parkir Barat, Parkir Timur, dan Parkir di area Sirkuit yang tersebar di 16 titik tergantung ketentuan tiket masing-masing penonton.

Kantong-kantong parkir ini dapat menampung sebanyak 8.900 kendaraan roda empat dan 3.000 kendaraan roda dua.

Untuk semua tiket jenis Grandstand dan General Admission, penukaran e-tiket bisa dilakukan sejak 16 dan 17 Maret di Ex Bandara Selaparang, Mataram. Penukaran lebih dulu ini sangat dianjurkan untuk menghindari antrian panjang, yang tentunya akan meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung.

Pada hari balapan tanggal 18-20 Maret 2022, penonton dapat menukarkan tiket di loket tiket yang dibuka di Parkir Barat (area Bazaar Mandalika) dan Parkir Timur (area Tanjung Aan). Setelah mendapatkan wristband, penonton diwajibkan untuk menaiki shuttle bus yang merupakan transportasi dalam kawasan untuk mengantar ke pintu masuk Sirkuit, sesuai dengan lokasi Grandstand.

Adapun penonton yang membeli tiket Grandstand zona A, B, C, dan H bisa menaiki shuttle bus dengan stiker merah dari Parkir Timur. Pembeli tiket pada zona ini akan diantarkan masuk hingga Pintu/Gate satu. Bagi penonton Grandstand zona D, E, F, dan G dan General Admission bisa menaiki shuttle berstiker biru dan diantarkan hingga Gate dua.

Sedangkan, penonton dengan tiket Grandstand I, J dan K dapat menggunakan shuttle bus berstiker hijau dan diantarkan untuk memasuki gate tiga. Dari masing-masing gate ini, penonton tinggal berjalan kaki menuju area grandstand masing-masing.

Disamping upaya pengurangan kerumunan melalui filter pengunjung, Dishub bersama Polda NTB juga akan menyiapkan area posko penyekatan di 15 titik yang tersebar di dalam dan luar kawasan. Penyekatan ini akan dilakukan kepada pengunjung yang tidak berkepentingan di area The Mandalika, seperti bukan penonton MotoGP 2022, bukan pengunjung side dan site event di Kawasan The Mandalika, dan bukan masyarakat lokal Yang tinggal di area Kawasan The Mandalika.

Apabila penonton yang menggunakan kendaraan pribadi dan tidak memiliki stiker kendaraan sesuai dengan ketentuan, akan disekat di titik-titik yang telah ditentukan oleh Dishub dan Polda NTB.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed